Follow Us

Dilewati Jutaan Pemudik, XL Axiata Perkuat Jaringan di 3 Jalur Utama Penyeberangan Laut

Wahyu Subyanto - Selasa, 09 April 2024 | 14:19
Penguatan sinyal di jalur penyeberangan laut
XL Axiata

Penguatan sinyal di jalur penyeberangan laut

Nextren.com - Untuk melayani arus mudik Lebaran tahun ini, XL Axiata mempersiapkan jaringannya di seluruh lokasi yang akan dijangkau oleh masyarakat, termasuk jalur transportasi darat dan laut.

Khusus untuk transportasi laut, dilakukan penguatan jaringan di tiga jalur penyeberangan ramai, yakni Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan Padang Bai – Lembar.

Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, upaya ini melibatkan penambahan kapasitas baru, upgrade teknologi, dan penambahan situs. Dengan penguatan ini, pelanggan bisa menikmati sinyal 4G yang baik selama berada di kapal penyeberangan, memungkinkan mereka untuk menggunakan layanan data dengan lancar.

Teknisnya, dengan penguatan jaringan ini di jalur penyeberangan laut, sinyal 4G dapat meningkat secara signifikan, memberikan kenyamanan bagi pelanggan untuk menggunakan layanan data seperti streaming video, akses gaming, browsing, dan lainnya.

Baca Juga: Sambut Mudik, Traveloka Bagikan Tren Menjelang Lebaran di 2024

Selama di laut, akses internet bisa mencapai hingga 95 Mbps. Sebelum adanya penguatan, pelanggan sering mengalami kesulitan akses internet di tengah laut karena jarak dari BTS yang melayani semakin jauh. Penguatan ini juga memungkinkan layanan bagi penumpang dalam jumlah yang lebih besar.

Setiap tahun, jutaan penumpang menggunakan ketiga jalur penyeberangan ini. Misalnya, Merak – Bakauheni, sepanjang 16 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 2 jam menghubungkan Jawa dengan Sumatera; Ketapang – Gilimanuk, sejauh sekitar 3 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 1 jam menghubungkan Jawa dengan Bali; dan Padang Bai – Lembar, sejauh 38 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 4,5 jam menghubungkan Bali dengan Lombok.

Penguatan akses internet di jalur penyeberangan laut ini juga merupakan bagian dari kesiapan jaringan menghadapi libur panjang Lebaran.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi lonjakan penggunaan data selama libur Lebaran. Perusahaan telah melakukan uji jaringan di jalur utama pulang kampung, termasuk di Sumatera. Manajemen XL Axiata memperkirakan trafik layanan mereka akan meningkat sekitar 10% - 20% selama libur Lebaran.

Selain meningkatkan kapasitas, juga dilakukan optimasi jaringan dengan memperhatikan pergerakan mobilitas masyarakat selama libur Lebaran. Daerah tujuan mudik dan wisata menjadi fokus utama.

Baca Juga: iQOO 12 Hadirkan Promo Spesial Lebaran, Ada Gift Earphone Wireless

Sumber daya yang disiagakan termasuk tim teknis siaga 24/7 untuk memantau kondisi jaringan dan tim lapangan yang siap bergerak jika diperlukan.

Armada mobile BTS sebanyak 94 unit ditempatkan di lokasi rawan kepadatan trafik. Monitoring jaringan juga dilakukan melalui Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

Dengan semua langkah ini, layanan telekomunikasi dan data berkualitas diharapkan tersedia selama arus mudik Lebaran dan juga mendukung pemerataan akses internet cepat ke daerah terpencil serta mendukung industri pariwisata.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest