Follow Us

Gim Asli Indonesia Lokapala Hadiri India Gaming Show 2024, Perkuat Diplomasi Budaya Indonesia - India

Wahyu Subyanto - Rabu, 27 Maret 2024 | 10:21
Lokapala hadir di India Gaming Show 2024 menjadi diplomasi budaya dan ekonomi Indonesia - India
Lokapala

Lokapala hadir di India Gaming Show 2024 menjadi diplomasi budaya dan ekonomi Indonesia - India

Nextren.com - Perwakilan RI di India menghadirkan inisiatif kolaboratif di International India Gaming Show 2024 (IGS 2024), untuk memperingati 75 tahun hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dan India pada tahun 2024.

Di tengah semarak acara tersebut, Anantarupa Studios dan game unggulannya "Lokapala" menjadi sorotan utama. Hal ini terlihat mengukuhkan peran vital dalam diplomasi Ekonomi dan Budaya antara kedua negara.

Di acara tersebut, Anantarupa Studios menandatangani Non Disclosure Agreement (NDA) untuk menjajaki kemitraan strategis dengan JIO Games India untuk lisensi publishing "Lokapala".

JIO Games merupakan anak usaha dari JIO World Ecosystem, sebuah perusahaan afiliasi dari Reliance Industries Group yang dimiliki oleh Mukesh Ambani (taipan India/CEO Reliance Group). Penandatanganan NDA ini tidak hanya mencatatkan milestone bagi industri gim Indonesia, tetapi juga menandai langkah monumental dalam memperkuat hubungan bilateral RI-India.

Baca Juga: Bawa Chip Tambahan, IQOO 12 Dengan Q1 Manjakan Gamers di Indonesia

Lokapala merupakan gim bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) produksi Indonesia dan menjadi satu-satunya gim MOBA yang diproduksi oleh industri dari kawasan Asia Tenggara. Lokapala juga menonjolkan konten budaya Nusantara Indonesia yang menghadirkan berbagai karakter dari sejarah, mitologi serta budaya Nusantara dan beberapa karakter Asia lainnya. Tujuannya untuk memperkuat hubungan antar bangsa, melalui filosofi kepemimpinan “Astabratha” yang dituangkan dalam medium gim esports.

Kehadiran Ivan Chen, CEO Anantarupa Studios, menjadi titik fokus penting dalam acara tersebut. Beliau dengan penuh semangat memaparkan potensi Lokapala dalam kancah industri esports yang sedang trending di India.

Konsul Jenderal RI Mumbai juga menyampaikan pesan bahwa industri konten kreatif, khususnya industri gim, akan menjadi instrumen penting soft power penguatan diplomasi ekonomi, diplomasi kebudayaan dan kohesivitas people to people contact antar generasi muda ke depan.

Upaya kolaboratif Perwakilan RI di India di event IGS 2024 diharapkan dapat berkontribusi positif untuk amalgamasi keeratan hubungan RI-India dalam peringatan 75 tahun hubungan diplomatik RI-India.

Baca Juga: Hobi Main PUBG, Vonzy Cerita Pengalaman Gaming di Galaxy S24 Ultra

Hubungan kedua negara besar ini mengamplifikasi urgensi gim dan esport sebagai wahana kekinian, untuk penguatan amalgamasi soft power Indonesia dan strategi ekspor untuk gim Indonesia.

Konsul Jenderal RI Mumbai, menggarisbawahi peran penting Anantarupa Studios dalam memperkuat kohesivitas bilateral antara Indonesia dan India lewat industri gim.

Ivan juga menekankan komitmen Anantarupa Studios untuk terus berkontribusi dalam mendukung diplomasi ekonomi dan budaya antar kedua negara.

Lewat kesuksesan ini, Anantarupa Studios membuktikan bahwa industri gim Indonesia tidak hanya memiliki potensi besar dalam pasar lokal, tetapi juga mampu bersaing dan berkembang di pasar internasional.

Kolaborasi ini juga membuktikan Indonesia memiliki potensi besar dalam industri kreatif global, yang dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di masa depan. (*)

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest