Follow Us

Simak 5 Pesan Penting bagi Founder Startup Tahap Awal dari Coach Ahli Startup Studio Indonesia

Wahyu Subyanto - Senin, 07 November 2022 | 21:33
Ilustrasi startup
FILE Magz

Ilustrasi startup

Nextren.com - Lanskap startup digital di Indonesia sedang mengalami perubahan, terutama dikarenakan iklim ekonomi global yang kurang kondusif.

Sebagai upaya untuk membantu startup founders agar bisa mempertahankan momentum usaha dan mencapai Product-Market Fit (PMF) dengan tepat, Kominfo pun menyelenggarakan program inkubasi Startup Studio Indonesia (SSI).

Dalam program yang telah memasuki Batch kelima ini, para startup terpilih berkesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan pelaku startup veteran di Indonesia, dalam sesi 1-on-1 Coaching.

Jika kamu salah satu founder yang baru saja memulai usaha rintisan, maka simak 5 pesan penting dari para veteran startup ini :

1. Disrupsi dan tren tidak perlu selalu diikuti

Selama ini, startup selalu diidentikkan dengan usaha yang mendisrupsi bisnis konvensional.

Namun, pada kenyataannya, disrupsi dan tren tidak selalu berjalan di jangka panjang. Hal ini diungkapkan oleh Christopher Madiam, Founder dan CEO Sociolla.

“Tidak semua hal bisa di-disrupsi. Kita sebagai founders harus bisa menganalisa mana kebiasaan konsumen yang bisa diubah, dan mana yang tidak."

Baca Juga: Startup Kesehatan AlteaCare Klaim Data Medis dan Data Pribadi Pengguna Terlindungi

"Misalnya di Sociolla, kami percaya bahwa kehadiran toko offline adalah hal yang tidak akan berubah."

"Bagaimanapun berkembangnya sistem e-commerce, toko offline pasti akan tetap eksis, itulah mengapa kami pun mengembangkan kehadiran offline."

"Jadi perlu diingat bahwa tidak semua disrupsi dan tren-tren digitalisasi baru perlu untuk kita ikuti,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest