Follow Us

Proyek Bandung dan Melbourne, SPARK Deakin University Ajak Inovasi Digital Isu Sosial

Wahyu Subyanto - Selasa, 14 Desember 2021 | 10:36
PoreBlock, salah satu pemenang Melbourne-Bandung Innovation Series
PoreBlock

PoreBlock, salah satu pemenang Melbourne-Bandung Innovation Series

Nextren.com - Semangat kewirausahaan terus digaungkan oleh semua pihak, terutama terkait inovasi digital untuk memberikan solusi kepada masyarakat.

Deakin University dari Australia, melalui program kewirausahaan SPARK Deakin, menjalin kolaborasi dengan Kota Bandung dan Melbourne.

Tujuannya untuk mengajak para wirausaha dalam menggagas inovasi digital yang dapat mengatasi isu-isu sosial di kedua kota tersebut.

Program bernama “Melbourne-Bandung Innovation Series” ini bermula dari proyek awal yang melibatkan ekosistem kewirausahaan di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB di Bandung di awal tahun ini.

Karena kedekatan hubungan antara Kota Bandung dan Melbourne dalam hal inovasi digital dan ekonomi kreatif, mereka berupaya mewujudkan solusi digital untuk menanggulangi dampak dari pandemi Covid-19 secara efektif.

Baca Juga: Inilah 15 Startup Terpilih di Program Startup Studio Indonesia Batch 3

Secara karakter kota, Bandung dan Melbourne memiliki banyak kesamaan. Keduanya menjadi tuan rumah dari beberapa universitas terbaik dengan ekosistem inovator dan entrepreneur yang tangkas, sehingga tangguh beradaptasi dalam menghadapi perubahan selama pandemi.

Lewat program Deakin University ini, diharapkan akan tercipta kekuatan inovasi bersama, dialog, serta berbagi-ilmu (knowledge-sharing) antara para pengusaha, pelaku industri startup, hingga universitas.

Para peserta “Melbourne-Bandung Innovation Series” ini memberikan gagasan inovasi digital dalam menyelesaikan empat topik sosial utama, yaitu: - Kewirausahaan Inklusif (mengurangi kesenjangan akses terhadap sumber daya dan memperbesar peluang kewirausahaan untuk semua orang); - Inovasi Tangguh (solusi untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan mempertahankan kota-kota yang ada dalam menghadapi bencana alam dan perubahan iklim), - Pendekatan Kreatif untuk Pariwisata (cara menarik para turis dan menawarkan pengalaman wisata baru untuk membangkitkan pariwisata pasca-pandemi), - Inovasi Kesehatan Masyarakat (menggunakan inovasi dari pandemi untuk mengatasi tantangan sistem kesehatan masyarakat di masa depan).

Lewat program SPARK Deakin, beberapa kompetisi kewirausahaan sosial sebelumnya telah diadakan. Hal itu menjadi dukungan bagi mahasiswa dan staff Deakin University, dalam perjalanan mereka menjadi wirausaha.

Tahun ini kompetisi internasional antara Indonesia dan Australia pertama kali diadakan.

SPARK Deakin adalah program kewirausahaan Deakin University di Australia, untuk membantu semua mahasiswa, staf, dan alumni Universitas Deakin membangun hubungan dengan komunitas wirausaha di luar Deakin, serta mengubah ide inovatif mereka menjadi bisnis.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest