Nextren.com -Perkembangan UMKM lokal di era digital semakin terbantu oleh platform belanja online.
Platform belanja online banyak menyediakan pelatihan, edukasi, hingga program yang mendukung perkembangan UMKM lokal.
Tokopedia sebagai salah satu platform belanja online juga turut membantu pegiat UMKM untuk memaksimalkan penjualannya.
Melalui layanan "Dilayani Tokopedia", UMKM mampu memenuhi pesanan pelanggan dari seluruh Indonesia dengan lebih cepat dan efisien.
Baca Juga: Dorong Transaksi Digital Lewat Modul Belajar Keuangan untuk UMKM dari Tokopedia, OJK dan BI
Dilayani Tokopedia juga membantu penjual menangani tantangan operasional bisnis.
Proses pelayanan belanja online seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta pengamanan distribusi UMKM menjadi lebih cepat.
Data Tokopedia di Mei 2022 menunjukan bahwa transaksi rata-rata penjual setelah menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat hampir 4 kali lipat.
Baca Juga: Hadapi Era Industri 4.0, Tokopedia Dorong Talenta Digital Indonesia Hadirkan Lebih Banyak Inovasi
Toko Kopi Gayo dan Amazara merupakan contoh dari UMKM yang sukses mengoptimalkan penjualan nasional.
Pemilik Usaha Amazara, Uma Hapsari mengatakan bahwa Dilayani Tokopedia membantunya dalam memenuhi permintaan konsumen.
Uma Hapsari juga mengatakan bahwa Amazara mendapat peningkatan penjualan dari wilayah Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Selatan, kalimantan Barat, dan Lampung karena operasional toko yang lebih cepat.