Prediksi Lazada, 5 Hobi Ini Akan Menjadi Tren Pada Saat New Normal

Minggu, 05 Juli 2020 | 13:34
Oppo

Cara Ngabuburit dengan Bermain Game

Nextren.com -Setelah diharuskan berada di rumah saja, Indonesia akhirnya menerapkan new normal karena ekonomi masyarakat yang menurun.

Dalam penerapan peraturan baru ini, masyarakat diharuskan menyesuaikan diri dengan gaya hidup dan rutinitas sehari-hari dengan tetap menerapkan physical distancing.

Lazada sebagai platform belanja online mengamati tren pembelian konsumen selama masa self quarantine.

Terdapat 5 hobi atau aktivitas yang banyak dilakukan di rumah dan akan menjadi tren di era new normal.

Baca Juga: Tren Iklan Video Vertikal Naik 300 Persen, Ternyata Ini Penyebabnya

Berkebun

Di awal masa PSBB, salah satu yang menjadi kendala adalah akses bagi bahan makanan segar.

Jadi banyak yang mulai menyiasati dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah dan akhirnya menjadi salah satu hobi yang paling diminati oleh masyarakat.

Tanaman bumbu, sayur mayur dan buah merupakan sebagian tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus menghias rumah.

Baca Juga: Larisnya Sepeda Brompton di Indonesia Seharga Rp 50 Juta, Ini Loh Penyebabnya

Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden, menanam dalam pot memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas berkebun di lahan apapun, seperti pekarangan rumah, pagar, dinding rumah, bahkan dalam ruang rumah sekalipun.

Walaupun ada himbauan untuk tetap di rumah, pengguna tetap bisa menikmati keindahan alam dengan berkebun.

Mendekorasi rumah

Selain berkebun, pengguna juga bisa mempercantik rumah dengan mendekorasi ulang atau menata ulang furnitur atau bahkan mengecat ulang dinding dengan warna-warna baru.

Baca Juga: Telkomsel Orbit Hadirkan Internet Rumahan Lewat Modem WIFI 4G, Bisa Dikontrol Lewat Aplikasi

Menurut data dari Lazada, kategori 'Outdoor & Garden' meningkat sebesar 38%.

Lazada juga mengatakan dalam masa new normal, sebagian mungkin akan tetap berada di rumah.

Banyak konsumen yang mengambil kesempatan untuk mendapatkan suasana baru di rumah dengan harga yang lebih terjangkau dan membuat rumah lebih nyaman, baik untuk belajar, bekerja maupun untuk bercengkrama bersama keluarga.

Memasak

Salah satu perubahan perilaku yang terjadi adalah bagaimana masyarakat mulai kembali ke masakan rumah.

Segala tips, trik, resep memasak sudah siap sedia melalui akses di smartphone.

Ini dapat dilihat dari adanya peningkatan di beberapa kategori seperti 'Large Appliances' meningkat 22%, 'Small Appliances' meningkat 46%, dan 'Kitchen and Dining' meningkat 28%.

Data ini menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen yang memilih untuk memasak di rumah.

Untuk mendukung konsumen dalam meningkatkan kemampuan memasak, di Lazada juga tersedia program memasak bertajuk Dapur Lazada.

Baca Juga: 3 Mall Hitz di Jakarta Ini Tersedia Versi Online, Jadi Gampang Belanja

Dapur Lazada termasuk juga ke dalam program LazLive, dimana konsumen bisa mendapatkan tips dan resep-resep terkini dari berbagai juru masak, atau bahkan sesama konsumen.

Olahraga di Rumah

Menjaga kesehatan badan merupakan salah satu prioritas tertinggi selama masa pandemi.

Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap dapat berolahraga dengan maksimal.

Baca Juga: Foto Bocoran Galaxy Watch 3 Beredar, Pakai Tali Kulit Berwarna Hitam

Peralatan olahraga seperti barbel, resistance bands, yoga mat adalah beberapa peralatan populer dan banyak dicari dan dibeli dalam kategori alat-alat olahraga di Lazada.

Gaming

Absennya kegiatan nge-mall dan hangout di coffee shop membuat banyak konsumen beralih ke gaming sebagai entertainment utama dalam menghalau kebosanan.

Bahkan tidak sedikit yang mungkin mulai melihat gaming sebagai salah satu hobi dan mungkin bisa menjadi profesi di masa depan.

Baca Juga: Mobile Legends dan PUBG Mobile Diblokir India dan Pakistan, Ini Alasannya

Lazada optimis pada pembelian voucher, gaming gear dan apparel di official store EVOS terus mengalami peningkatan di era new normal.

Hal ini didukung oleh WHO dimana bermain game sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi mental dan mengusir kebosanan selama melakukan aktivitas di masa pandemi.

Selain 5 hobi ini, Lazada juga melihat peningkatan penjualan barang-barang elektronik untuk mendukung kegiatan konsumen seperti meeting online, virtual schooling dan video conference yang dapat dilakukan di rumah.

Kebutuhan barang-barang elektronik tidak hanya untuk aktivitas penunjang bekerja dan belajar, banyak pula yang mulai belajar memanfaatkan teknologi dan barang-barang elektronik selama PSBB.

Baca Juga: Persaingan Kian Sengit, OVO dan DANA Sepakat Merger untuk Saingi GoPay

Misalnya memasak yang membutuhkan mixer dan oven, ataupun kulkas untuk menyimpan produk-produk olahan.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya