Follow Us

Merealisasikan Keunggulan AI: Empat Faktor Penting Bagi Bisnis di Indonesia untuk Beralih dari Tren Menjadi Dampak AI yang Nyata

Fahmi Bagas - Jumat, 07 Juni 2024 | 13:57
Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, ASEAN, Salesforce
Salesforce

Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, ASEAN, Salesforce

Oleh Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, ASEAN, Salesforce

Nextren.com - Tidak perlu diragukan lagi bahwa potensi pertumbuhan setiap negara bergantung pada seberapa matangnya adopsi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) oleh pemerintah dan bisnis.

Begitu pula dengan Indonesia; sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memanfaatkan AI di masa-masa krusial pertumbuhan bangsa.

Seiring dengan transformasi digital yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan untuk melayani populasi besar yang tersebar luas di seluruh Indonesia, AI dapat mendukung upaya-upaya tersebut untuk menjangkau pelanggan mereka dengan lebih baik, sembari terus bersaing.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Kearney, AI diproyeksikan akan berkontribusi hingga US$366 miliar terhadap PDB Indonesia pada tahun 2030.

Perlu ada tindakan konkret untuk mengubah potensi ini menjadi kesuksesan yang nyata. Bisnis di Indonesia harus segera beradaptasi dan mengintegrasikan AI ke dalam strategi mereka.

Baca Juga: 3 Produk Salesforce Hadir dengan Inovasi AI, Analisis Data Lebih Cepat

Kabar baiknya - Laporan State of IT dari Salesforce menunjukkan bahwa 86 persen pemimpin TI di Indonesia percaya bahwa AI generatif akan segera menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki dalam organisasi mereka.

Di saat yang sama, mereka tidak memiliki pemahaman yang jelas untuk beralih dari masa percobaan ke pengembangan AI di dalam organisasi mereka dan realisasi nilai yang ingin mereka capai, tanpa peningkatan biaya secara berlebihan.

Ketika banyak bisnis mulai mengevaluasi cara mengoperasionalkan AI di dalam organisasi mereka, dibutuhkan empat faktor berikut agar bisa sukses; data perusahaan yang terpadu, alur kerja yang kontekstual, mengintegrasikan teknologi dan tools tepercaya ke dalam tempat kerja, dan membangun tenaga kerja yang didukung oleh AI.

Silo data yang tidak terhubung

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest