Follow Us

Terapkan AI, DarwinBox Sadari Pentingnya Teknologi di Transformasi HR

Ida Bagus Artha Kusuma - Jumat, 22 Maret 2024 | 10:55
Darwinbox menyadari pentingnya AI untuk diterapkan dalam HRM

Darwinbox menyadari pentingnya AI untuk diterapkan dalam HRM

nextren.com - Dalam era digital yang terus berkembang, penggunaan kecerdasan buatan (AI) telah menjadi suatu keharusan bagi banyak industri, termasuk manajemen sumber daya manusia (SDM).

Kami berkesempatan untuk berbicara dengan Jayant Paleti, salah satu pendiri DarwinBox, perusahaan teknologi yang mengkhususkan diri dalam solusi HCM (Human Capital Management) di Jakarta, Indonesia.

Perusahaan ini menyediakan solusi HCM (Human Capital Management) yang mengutamakan pengguna dan karyawan, dengan komitmen untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi AI untuk mempercepat transformasi SDM.

Menurut Jayant Paleti, di DarwinBox, AI bukanlah sekadar alat, melainkan kekuatan transformatif yang memungkinkan era baru dalam pengelolaan SDM.

 Jayant Paleti, Co-Founder Darwinbox

Jayant Paleti, Co-Founder Darwinbox

"Kami memandang AI sebagai alat yang mampu membuat peran HR menjadi lebih proaktif dengan mengotomatisasi pekerjaan yang repetitif," kata Paleti.

Visi DarwinBox adalah memanfaatkan AI untuk membangun tempat kerja yang lebih efisien dan berpusat pada karyawan, serta membantu HR dalam pengambilan keputusan berdasarkan data.

DarwinBox telah mengambil langkah-langkah nyata dalam menerapkan teknologi AI dalam solusi mereka.

Mereka telah mengembangkan Large Language Model (LLM) yang mereka sebut sebagai People Relational and Organizational Semantic Engine (PROSE) dan Skills.

Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk merencanakan karier, menganalisis perbedaan keterampilan antar karyawan, menilai resume, dan bahkan menjelaskan tanggung jawab pada setiap jabatan melalui AI Generatif.

Selain itu, DarwinBox juga telah mengintegrasikan fitur Optical Character Recognition (OCR) yang berguna untuk tanda terima, reimbursement, dan pengenalan wajah untuk data kehadiran.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest