Follow Us

Tips Dell Menjaga Kemanan Siber Perusahaan di Era Hybrid: Jangan Percaya Siapapun!

Ida Bagus Artha Kusuma - Rabu, 23 November 2022 | 12:00
Dell membagikan tips bagi perusahaan yang ingin menjaga keamanan siber di tengah budaya kerja hybrid
bagus

Dell membagikan tips bagi perusahaan yang ingin menjaga keamanan siber di tengah budaya kerja hybrid

Nextren.com - Di tengah hadirnya sejumlah solusi untuk menjaga keamanan data perusahaan, ada beberapa hal kunci yang masih perlu dilakukan perusahaan atau bahkan individu untuk menjaga keamanan data dan jaringan.

Dengan meningkatnya budaya kerja baru yaitu hybrid, keamanan menjadi semakin rentan karena posisi celah keamanan yang semakin luas dan menyebar, dimana cloud atau sistem penyimpanan data diakses.

Ditambah teknologi dan teknik peretasan juga ikut berkembang, mengikuti perkembangan keamanan data.

Paul Carter, vice president, Client Solutions Group, Asia Pasifik dan Jepang, membagikan 3 tips dalam usaha menjaga keamanan data perusahaan di tengah lingkungan kerja yang semakin portable.

Tips Dell Untuk Menjaga Keamanan Siber

Ketiga tips ini secara garis besar adalah mengadopsi pola pikir zero trust, perlindungan terhadap perangkat dan data dimana pun, serta perubahan budaya keamanan.

Zero Trust

Secara harfiah, Zero Trust dapat diartikan tidak percaya kepada siapapun atau apapun.

Dalam konteks keamanan, Zero Trust merupakan gagasan bahwa tidak ada pengguna atau tugas yang bisa dipercaya secara tersirat, semua interaksi harus bisa diverifikasi sebelum dilanjutkan atau dilaksanakan.

Namun tidak hanya sebuah gagasan, Zero Trust ini juga perlu diwujudkan dalam arsitektur jaringan model autentikasi di setiap langkah di seluruh jaringan, infrastruktur TI, dan perangkat lunak (software) yang digunakan dalam organisasi.

Dengan cara ini, bahkan ketika seorang aktor pengancam berhasil melewati satu lapisan keamanan, arsitektur Zero Trust yang diterapkan dapat menangani kebocoran data apa pun dengan lebih cepat dan mencegahnya masuk lebih jauh ke dalam sistem keamanan.

Baca Juga: Review Dell Pro Webcam WB5023 Dengan Desain Profesional dan Gambar Tajam

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest