Follow Us

Kemendikbud Ristek Gandeng AWS Kembangkan Transformasi Digital Indonesia, Layani 9 Juta Mahasiswa

Gama Prabowo - Jumat, 04 November 2022 | 19:00
Ilustrasi Data Center Milik Alibaba Cloud

Ilustrasi Data Center Milik Alibaba Cloud

Nextren.com - Pandemi menuntut seluruh aspek pemerintahan untuk melakukan transformasi digital dalam mengembangkan pelayanan.

Transformasi digital sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pelayanan pemerintahan, khususnya bagi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Prof Ir. Nizam selaku Dirjen Kemendikbud Ristek mengungkapkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan transformasi digital tercepat di dunia.

Pengguna internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 200 juta pengguna. Bahkan, penggunaan internet masyarakat Indonesia yang berdurasi rata-rata 8 jam 36 menit dalam sehari.

Baca Juga: AWS Rilis AWS Data Lab, Bantu Perusahaan Akselerasi Data, Analitik dan ML

Pemerintah mendorong generasi muda untuk tak hanya memiliki literasi digital saja, tapi juga sabagai bagian dari kreator dan kontributor.

Dalam menyukseskan misi transformasi digital, Kemendikbud Ristek menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi global seperti AWS.

Kemendikbud Ristek menggandeng AWS untuk menjadikan mahasiswa sebagai garda garis depan dalam perkembangan teknologi yang mencakup AI, IoT, big data analitik, cloud computing, cloud service, dll.

“Sita bergandengan tangan dengan seluruh Mitra pemain teknologi global seperti AWS agar mereka berada di garis depan dalam perkembangan teknologi yang mencakup AI, IoT, big data analitik, cloud computing, cloud service dan sebagainya," ujar Prof. Ir. Nizam.

Kampus Merdeka, program magang, studi independen bersertifikat, dan program Kedeireka adalah beberapa program Kemendikbud Ristek yang didukung oleh teknologi AWS.

Baca Juga: AWS Ungkap 4 Pilar Penting untuk Mendorong Inovasi Bisnis Startup

Dalam menghadapi transformasi digital, pemerintah diharapkan menemukan cara-cara baru dalam melayani masyarakat.

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest