Follow Us

Heboh Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Cara Cek Sendiri Kandungan Babi di Makanan

Gama Prabowo - Jumat, 10 Juni 2022 | 18:57
Ilustrasi nasi padang
Kompas.com

Ilustrasi nasi padang

Nextren.com - Baru-baru ini, anggota DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus menyesalkan adanya restoran yang menjual nasi padang yang diduga berbahan dasar daging babi.

Ia menjelaskan bahwa pemilik restoran mempromosikan produknya melalui layanan pesan antar dan memasarkan nasi bakar babi, nasi babi rendang, gulai babi, dll.

Dilansir dari Kompas TV, Guspardi Gaus menyebut pemilik restoran makanan padang non halal di Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara tak boleh dibenarkan dan dibiarkan.

"Apa maksud dan motif pemilik restoran menyediakan makanan non halal dengan menggunakan nama menu khas Minangkabau?" ujarnya.

"Penggunaan identitas Minangkabau dalam menu masakan padang non halal ini jelas tidak lazim dan tidak bisa diterima," sambungnya.

Baca Juga: Lagi Lapar Berat, Wanita Muslim Ini Malah Salah Pesan Nasi Babi !

Bagi umat muslim, makanan yang mengandung daging babi wajib dihindari karena haram.

Untuk itu, umat muslim harus teliti dalam memilih makanan agar terhindar dari daging babi.

Nah, bagi kamu yang tak ingin mengonsumsi daging babi, tim Nextren memiliki beberapa cara untuk mengidentifikasi daging babi dalam makanan/minuman. Yuk, simak selengkapnya.

Cara Mengidentifikasi Daging Babi di Makanan

1. Ada Tanda Khusus

Peraturan Kepala BPOM RI nomor 12 tahun 2016 menyatakan bahwa makanan olahan yang mengaudng bahan tertentu dari babi harus mencantumkan tanda khusus.

Tanda khusus di makanan mengandung bahan babi berupa tulisan "Mengandung Babi" serta logo babi berwarna merah disampingnya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest