Follow Us

Kedekatan Indonesia dan AS Dalam Latihan Perang Bikin Cina Cemburu, Ultimatum Soal Natuna Utara

None - Senin, 11 April 2022 | 13:00
Latihan perang TNI di Natuna
Tribun Batam

Latihan perang TNI di Natuna

Nextren.com - Indonesia menganut paham non blok alias tidak memihak. Karena itu dalam perang Rusia - Ukraina, Indonesia juga menahan diri.

Sementara Rusia sudah lama menjalin aliansi dengan Rusia, yang bermusuhan dengan negara-negara Barat terutama Amerika Serikat.

Namun untuk kerjasama latihan perang, Indonesia sudah lama bekerjasama dengan Amerika Serikat.

Bahkan sudah beberapa kali melakukan latihan bersama yang disebut dengan "Garuda Shield", khususnya untuk menjaga perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

Sama halnya dengan Militer India tengah fokus di kawasan Indo-Pasifik.

Kini, Militer Indonesia dan Amerika Serikat memperluas latihan bilateral tahunan mereka ke 14 negara peserta.

Baca Juga: Putin Pusing Kepala! Bantuan Senjata AS untuk Ukraina Datang Setiap Hari

Di mana pasukan dari Inggris, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura dan Kanada akan bergabung dalam latihan Garuda Shield 2022 pada 1-14 Agustus mendatang.

Edisi ke-16 dari latihan perang akan mencakup latihan tembakan langsung, operasi khusus dan komponen penerbangan di antara disiplin ilmu lainnya, lapor CNN, Sabtu (9/4/2022).

Perluasan latihan itu dilakukan pada saat ketegangan meningkat di kawasan Laut China Selatan ditambah dengan konflik Rusia dan Ukraina.

Para analis mengatakan langkah itu menandakan Indonesia telah bergerak lebih dekat ke AS daripada China dalam kerja sama Militer.

Garuda Shield tahun lalu melibatkan dua divisi Angkatan Darat AS yang berjumlah sekitar 1.000 tentara, serta rekan-rekan Indonesia mereka dalam apa yang dikatakan Angkatan Darat AS sebagai edisi terbesar dari latihan perang hingga saat ini.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest