Follow Us

Peringatan Boeing Tunjukkan Penyebab Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Jatuh?

None - Kamis, 20 Januari 2022 | 21:04
 Rekaman Suara Pilot Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Apa Itu CVR yang Jadi Bagian dari Black Box?
Tribunnews.com/Dany Permana

Rekaman Suara Pilot Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Apa Itu CVR yang Jadi Bagian dari Black Box?

Nextren.com - Tragedi jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 awal tahun lalu masih jelas dalam ingatan.

Pada 9 Januari 2021 lalu pukul 14.44 WIB, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dinyatakan hilang kontak sesaat setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 14.36 WIB.

Saat itu, pesawat dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak itu diperkirakan jatuh di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang.

Pesawat Boeing 737-500 itu mengangkut 62 orang terdiri dari 12 kru pesawat, 40 penumpang dewasa, 7 orang anak, dan 3 bayi. Tak ada penumpang yang selamat dalam kecelakaan penerbangan Tanah Air ini.

Beberapa minggu setelah kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182, Boeing menerbitkan buletin keamanan untuk seluruh pilot yang menerbangkan pesawat B737 di seluruh dunia.

Buletin keamanan itu terbit setelah Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengumumkan laporan awal investigasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Buletin keamanan yang diterbitkan pada 15 Februari 2021 dan dikirim ke semua maskapai di dunia yang mengoperasikan pesawat Boeing, seolah menjadi sedikit petunjuk penyebab SJ182 jatuh.

Dalam buletin tersebut, Boeing mengingatkan agar pilot-pilot selalu memonitor perilaku pesawat (attitude) dengan seksama.

Sebab, insiden kecil saja bisa berujung fatal.

"Kru penerbangan aktif agar memperketat monitoring kondisi pesawat dan manajemen flight path (jalur penerbangan) untuk mencegah pesawat dalam kondisi upset," tulis Boeing seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Sinyal 5G di AS Ganggu Sistem Penerbangan, Bagaimana Kondisi di Indonesia?

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest