Follow Us

Tokopedia Rilis Fitur Voice Over, Permudah Difabel Belanja Online

Fahmi Bagas - Sabtu, 04 Desember 2021 | 11:03
Acara peluncuran fitur Voice Over Tokopedia untuk membantu konsumen tunanetra untuk belanja online.
Tokopedia

Acara peluncuran fitur Voice Over Tokopedia untuk membantu konsumen tunanetra untuk belanja online.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Tokopedia rilis fitur Voice Over sebagai inisiatif baru bagi para pengguna platform belanja online di Indonesia

Fitur tersebut dikatakan sebagai langkah Tokopedia untuk memfasilitasi para konsumen hingga pedagang yang memiliki keterbatasan fisik atau difabel.

Dalam acara peluncuran fitur Voice Over yang juga sekaligus menyambut Hari Difabel Nasional, Jumat (3/11) kemarin, pihak perusahaan berharap bahwa inovasi terbarunya ini dapat memberikan pengalaman yang lebih baik lagi bagi konsumen di Tanah Air.

Baca Juga: Kurir Gelapkan MacBook Rp 67 Juta Pakai Topeng 3D, Ini Saran Ahli

"Voice Over akan membantu tiap menu yang dipih oleh user. Tokopedia mendorong lebih banyak masyarakay terutama rekan difabel untuk bisa menggunakan Tokopedia," ucap Head of Engineering Tokopedia, Tonito.

Adanya fitur Voice Over ini pun diklaim dapat membantu teman-teman difabel untuk bisa lebih praktis ketika berbelanja, mengingat kondisi lingkungan yang masih rawan terhadap penyebaran virus.

Dalam kesempatan yang sama turut hadir Ferico, selaku Engineering Manager Tokopedia yang menjelaskan bagaimana fitur Voice Over di Tokopedia dapat tercipta.

Dijelaskan bahwa awal mula ide fitur Voice Over itu berasal dari pemikiran terkait bagaimana tunanetra dapat menggunakan smartphone.

Ferico juga menuturkan kalau tim engineering Tokopedia berkolaborasi dengan sejumlah tim, seperti UX Writer dan lainnya.

Baca Juga: Cara Kurir GoJek Bawa Kabur Laptop MacBook Senilai Rp 64 Juta Pesanan Dari Tokopedia

Pembuatan fitur Voice Over pun memiliki sejumlah tantangan karena tim Tokopedia harus membuat sebuah inisiatif baru secara online.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest