Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -MarkPlus pada (14/10) mengungkapkan hasil risetnya mengenai peran e-commerce dalam mendukung merek lokal selama pandemi.
Hasilnya menunjukan Tokopedia menjadi e-commerce populer.
Padahal, banyak platform yang juga mengkampanyekan produk lokal seperti Shopee dan Lazada.
"Kecenderungan konsumen membeli produk lokal makin meninggi didorong beberapa faktor, di antaranya selama pandemi, pemasaran online menjadi fokus bagi para pelaku usaha produk lokal menggencarkan pemasaran dan mempromosikan produk di media sosial dan e-commerce," ujar Rhesa Dwi Prabowo, Head of High-Tech, Property & Consumer Goods MarkPlus Inc saat pertemuan daring.
Baca Juga: Cara UMKM Pakai Foto Smartphone Dongkrak Penjualan Produk di E-Commerce
Ia juga mengatakan masyarakat saat ini mengikuti berbagai program e-commerce, serta membuat berbagai konten yang menarik.
Dari sudut pandang pihak pemerintah, dukungan yang dilakukan oleh e-commerce untuk pengembangan produk lokal adalah melalui pelatihan & pendampingan serta edukasi terhadap produk lokal.
Beberapa e-commerce yang disebutkan juga memberikan edukasi yang sama.
Lalu, mengapa Tokopedia menjadi e-commerce yang populer?
Survei melalui penelitian kualitatif dengan kuesioner terstruktur ini mengungkap terdapat peningkatan penjualan produk lokal di kanal online secara signifikan.
Dari hasil survei diungkap 51% responden memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling diminati untuk membeli produk lokal.