Follow Us

Inilah Cara Tim iOS Tokopedia Kembangkan Sistem Internal untuk Uji Aplikasi

Gama Prabowo - Rabu, 06 Oktober 2021 | 20:45
Software Engineer Tokopedia menjalaskan bagaimana cara kerja tim iOS Tokopedia dalam mengembangkan sistem internal untuk uji aplikasi.
Tokopedia

Software Engineer Tokopedia menjalaskan bagaimana cara kerja tim iOS Tokopedia dalam mengembangkan sistem internal untuk uji aplikasi.

Nextren.com - Tokopedia merupakan salah satu layanan e-commerce dengan beragam fitur dan produk yang lengkap dan terbarukan.

Tokopedia hampir setiap hari memberikan peningkatan dan perbaikan agar lebih dari 100 juta pengguna di seluruh Indonesia lebih nyaman berbelanja di platform tersebut.

Lalu, bagaimana cara tim pengembang menghadirkan fitur dan produk dan melakukan pengujian terhadap fitur-fitur tersebut?

Baca Juga: Scan PeduliLindungi Kini Bisa Dilakukan Tanpa Download Aplikasinya

Pertanyaan seputar proses pengembangan sistem internal untuk uji aplikasi ini telah terjawab oleh tim iOS Tokopedia dalam acara START Summit Extension.

Bulan September lalu, Tokopedia Academy menggelar START Summit Extension dengan tema “how iOS team build a system internal apps distribution & testing”.

Adityo Rancaka sebagai Senior Software Engineer Tokopedia dan Dhio Etanasti sebagai Software Engineer Lead Tokopedia berbagi pengalaman mereka di bidang mobile development, khususnya pada pengembangan iOS dalam melakukan distribusi aplikasi untuk testing.

Adityo Rancaka atau kerap dipanggil Caka, menceritakan bagaimana sulitnya melakukan testing terhadap setiap build atau hasil dari sebuah pengembangan.

Pada umumnya, diperlukan beberapa tahapan jika ingin melakukan testing terhadap suatu fitur atau halaman seperti melakukan signing code, mendaftarkan unit identifier, sampai mendistribusikan pengembangan tersebut kepada tim lain.

Jika di dalam satu tim terdiri lebih dari 10 orang, maka perlu ada 10 identifier perangkat yang perlu didaftarkan.

Tokopedia juga pernah mengalami hal serupa yang membuat para tim iOS Tokopedia menemukan cara untuk membuat distribusi sistem apps pada iOS guna menyederhanakan proses dan meningkatkan produktivitas seluruh tim developer dan menyesuaikan kebutuhan setiap tim di Tokopedia.

Dalam melakukan testing, Tokopedia iOS memiliki beberapa metode, yakni Automated Tests yang terbagi menjadi Unit Test dan UI Test.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest