nextren.com -Motorola kembali ke pasar Indonesia dengan pendekatan yang cukup unik lewat Moto G45 5G.
Menurut kami, tidak ada hal yang benar-benar bisa diunggulkan dari sisi spesifikasi jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelas harga Rp2 jutaan di Indonesia.
Bahkan, sistem operasinya pun masih mengandalkan antarmuka murni dari Google tanpa banyak kustomisasi.
Namun dengan pendekatan desain atau visual yang cukup menarik, Moto G45 justru berhasil menarik perhatian konsumen, termasuk dari kelas B hingga A.
Lalu bagaimana pengalaman menggunakannya? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel ini.
Desain
Salah satu aspek yang langsung mencuri perhatian dari Moto G45 5G adalah desain belakangnya yang seluruhnya terbuat dari bahan vegan leather—sentuhan yang sebenarnya mulai ditinggalkan oleh sejumlah brand kelas menengah di tahun 2025 ini.
Desain Moto G45 5G
Namun justru karena itu, Moto G45 tampil istimewa. Tekstur kulit ini memberikan pengalaman memegang smartphone yang unik dan berbeda, bahkan kesan kualitas premium ini terasa menyeluruh hingga ke bagian hump kamera.
Transisi antara hump dan panel belakang juga dibuat melandai, menambah kenyamanan saat digenggam.
Walaupun berbahan kulit sintetis, desain ini dalam pemakaian kami terbilang tidak mudah kotor dan cukup mudah dibersihkan.