Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Grab merupakan platform yang berawal menghadirkan layanan transportasi yang saat ini telah berkembang.
Dari sistem keamanannya pun juga, dulu Grab atau platform lainnya juga pernah ada masalah terkait pelanggan atau driver.
Namun hal ini mungkin akan ditangani dengan teknologi yang baru di tingkatkan pada aplikasi Grab.
Teknologi ini diberitahukan pada acara Grab Tech Insider (18/11) via Zoom bersama dengan Wui Ngiap Fuu, Head of Integrity User Trust, Integrity, dan Access Management Grab.
Baca Juga: Petinggi Grab Indonesia Bagikan Upayanya Agar Startup Bisa Dikenal se Asia Tenggara
Grab memiliki tujuan untuk mencapai zero insiden yang dapat dicegah.
Perusahaan ini juga sudah menghadirkan beberapa inovasi untuk keamanan driver dan pengguna sebelum perjalanan, dalam perjalanan hingga setelah perjalanan.
Contohnya sebelum perjalanan, driver akan diminta otentikasi wajah dengan selfie didukung oleh AI yang saat ini juga bisa disertakan dengan penggunaan masker.
Dalam perjalanan, dengan teknologi yang baru diperkenalkan tahun ini, merupakan teknologi yang dapat membantu Grab dalam mendeteksi kemungkinan insiden keselamatan.
Caranya dengan menarik sinyal dari berbagai sumber termasuk status berkendara, GPS, kondisi lalu lintas, telematika, dan intelijen pada peta untuk mendeteksi jika ada pemberhentian yang tidak direncanakan.
Driver Grab dalam perlindungan keamanan ini bila menangkap layar yang berisi data informasi pelanggan akan segera diperingati.