Nextren.com -Canva baru saja mengumumkan langkah besar dalam dunia desain berbasis AI dengan meluncurkan dua fitur terbaru yang terhubung langsung ke ChatGPT.
Fitur pertama adalah deep research connector yang memungkinkan ChatGPT memahami dan merespons berdasarkan desain pengguna di Canva.
Fitur kedua bernama Canva MCP (Model Context Protocol) Server yang membuka akses real-time ke seluruh isi akun Canva pengguna untuk agen AI seperti ChatGPT.
Baca Juga: Canva Dukung Kreator Indonesia untuk Berkarya dan Mendapat Penghasilan
Kedua fitur ini memungkinkan pengguna untuk merancang, menganalisis, dan mempublikasikan konten tanpa perlu berpindah platform.
Lewat integrasi ini, Canva semakin memperkuat posisinya sebagai platform desain yang ramah AI dan menyasar 240 juta penggunanya di seluruh dunia.
Fitur-fitur ini juga telah menarik perhatian 95% perusahaan Fortune 500 yang kini memanfaatkan Canva dalam aktivitas kreatif mereka.
Menurut Anwar Haneef, GM dan Head of Ecosystem Canva, langkah ini bertujuan menyederhanakan proses kreatif dari ide hingga eksekusi.
Baca Juga: Canva Berkolaborasi Dengan Disney, Hadirkan Ruang Kreatif Lebih Luas
Dengan koneksi langsung ke AI seperti ChatGPT, pengguna tak lagi perlu bolak-balik antara tab atau aplikasi berbeda saat membuat konten.
Kini pengguna dapat meminta ChatGPT untuk menganalisis presentasi, merangkum dokumen, hingga menyempurnakan desain dengan konteks yang lengkap.