Follow Us

facebookyoutube_channeltwitter

Top 10 Brand Indonesia Yang Paling Sukses Di Twitter, Ini Strateginya

Arif Budiansyah - Minggu, 04 Agustus 2019 | 20:30
Top 10 Brand Indonesia di Twitter
Twitter

Top 10 Brand Indonesia di Twitter

Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah

NexTren.com -Twitter secara resmi pada hari Sabtu, (2/8/2019), mengumumkan daftar Top 10 Brand Indonesia yang paling sukses di platformnya.

Daftar tersebut diukur dari keterlibatan audiens terhadapbrandselama pertengahan tahun pertama 2019 (1 Januari - 30 Juni 2019.

Selain itu 10topbranddi Indonesia di Twitter; didominasi olehbranddari industrie-commerce, teknologi, dan finansial.

Diklaimsemakin banyakbrandberpendapat bahwa pengguna influensial di Twitter merupakan pemimpin di komunitas mereka.

Baca Juga: Takut Atta Halilintar Pamer Kekayaan Di Twitter, Warganet Ramai Protes

Pengguna influensial ini lah yang mendorong terjadinya percakapan serta menciptakan berbagai tren baru.

Berikut ini adalah 10topbranddi Twitter di Indonesia (1 Januari - 30 Juni 2019) :

  1. Tokopedia (@tokopedia)
  2. Grab Indonesia (@GrabID)
  3. Bank Mandiri (@bankmandiri)
  4. OPPO Indonesia (@OPPOIndonesia)
  5. Shopee Indonesia (@ShopeeID)
  6. Bukalapak (@bukalapak)
  7. Samsung Indonesia (@samsungID)
  8. Tiket.com (@tiket)
  9. Bank BCA (@BankBCA)
  10. Gojek Indonesia (@gojekindonesia)
Untuk menjadi 10 brand terdepan di Twitter, kesepuluh brand tersebut melakukan berbagai strategi.

Baca Juga: Twitter Uji Coba Fitur 'Hide Replies' untuk Sembunyikan Komentar Tak Layak

Maka dari itu, berikut adalah empat metode utama yang digunakan 10topbranddi Twitter di Indonesia untuk terus terhubung dengan audiens mereka:

1. Kekuatan Video

Konsumsi video di Twitter di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 150% dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama.

Jumlah video yang diunggah di Twitter meningkat signifikan danbrandtelah menyadari pengaruh besar dari konten video.

Penelitian dari Twitter menunjukkan bahwa cuitan dengan video yang menarik bisa menghasilkan interaksi dengan pengguna di Twitter 10x lebih banyak dibandingkan cuitan tanpa video atauIn-Stream Video Ads.

Branddi Indonesia kini mulai berinvestasi dalam pembuatan video kreatif dan berkualitas untuk mempromosikan produk dan layanan terbaru, sekaligus menjangkau audiens mereka.

Brandjuga menggunakan video untuk kebutuhan berbagi informasi dan edukasi.

Baca Juga: Bukan Laptop atau Hape Gaming, Kini Razer Bikin Mobil Listrik

2. Amplikasi Melalui Kolaborasi

Berkolaborasi dengan pihak ketiga telah menjadi tren di kalangan 10topbranddi Twitter.

Hal ini terlihat dari banyaknyabrandyang menggunakan platform digital dan meneruskan percakapan di Twitter.

Branddi Indonesia seringkali ikut berpartisipasi dalam percakapan terkait momentum atau tren tertentu untuk mempromosikan produk atau layanan terbaru dan menjangkau audiens mereka.

Seperti, Samsung Indonesia (@samsungID) mengambil langkah besar dengan kampanye interaktif mereka untuk peluncuran#GalaxyA.

Menggunakan tagar#AforLIVE #AforLIVEDanceCover, konsumen diajak untuk membuat video tarian yang terinspirasi dari grup Kpop BLACKPINK dengan lagu mereka yang berjudul “Kill This Love” dengan menggunakan beragam fungsi dan fitur andalan ponsel pintar tersebut.

Sedangkan,OPPO Indonesia (@OPPOIndonesia) menarik perhatian konsumen dengan secara spesifik menargetkan peminat fotografi dan berkolaborasi dengan fotografer ternama Indonesia.

Dengan tagar #OppoReno, Oppo Indonesia memperkenalkan beragam fungsi serta fitur terkini ponsel pintar terbaru.

Baca Juga: Meski Warung Tutup, Pemiliknya Terima Order Fiktif GrabFood Hingga Rugi Rp 40 Juta

3.Jadilah bagian dari percakapan di Twitter

Pengguna Twitter mempunyai pengaruh besar serta sangat terbuka terhadap beragam ide, produk, dan layanan baru Mereka senang menjadi yang pertama untuk mencoba dan membeli.

Penting bagibranduntuk berinteraksi dengan pengguna Twitter dan komunitas di Indonesia guna membangun kepercayaan dan pada akhirnya dapat mencapai target atau objektif bisnis.

Mengetahui percakapan antar konsumen lama atau konsumen potensial di Twitter dapat membantubranddalam menetapkan target, sembari tetap menjadi bagian dari percakapan di Twitter.

Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan dan loyalitas konsumenterhadapbrandtersebut.

Melakukan Retweet dari komunitas Twitter adalah salah satu cara sederhana yang dapat digunakan untuk tetap menjadi bagian dari percakapan.

Baca Juga: Pemblokiran IMEI Hape BM Baru Berlaku 6 Bulan Setelah Aturan Terbit

4. Menyasar Audiens Yang Tepat

Namun, hal ini seringkali diabaikan ketikabrandmemilih strategi pemasaran yang mempertimbangkan berbagai kemungkinan berbeda (scattergun approach)dengan harapan dapat memperbaiki tingkatbrand recalldan meningkatkan penjualan.

Pengguna Twitter memiliki demografis beragam, namun banyak komunitas berbasis minat di Twitter yang dapat menjadi target audiens dari suatu brand melalui produk, layanan dan pesan mereka.

Sebagai platform berbasis minat, komunitas di Twitter berkomunikasi satu sama lain mengenai topik dan tema tertentu yang sesuai dengan minat mereka.

Beberapa percakapan paling populer di Twitter di Indonesia terjadi secara real-time yaitu seputar film-film terbaru, musik, olahraga dan beragam isu terkait lingkungan.

Brandterus berupaya “terlibat” dalam percakapan di Twitter seputar tren-tren terkini dan memanfaatkan momen-momen penting untuk menjangkau lebih banyak pengguna di Twitter yang influensial. (*)

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x