Follow Us

4 Startup Sosial Indonesia Terima Hibah Pembinaan dari DBS Foundation

Wahyu Subyanto - Jumat, 31 Agustus 2018 | 16:01
Startup
iamwire

Startup

Nextren.com - Mendirikan perusahaan startup saat ini menjadi idaman kalangan milenial, yang diawali dengan memecahkan masalah di sekitarnya.Namun tak hanya startup bisnis yang berpijak pada pencarian keuntungan, ada startup sosial yang mengawali idenya dari pemecahan masalah sosial di masyakarat.Mereka lebih dikenal sebagai wirausaha sosial.DBS Foundation, yayasan pertama di Singapura yang memperjuangkan kewirausahaan sosial, mengumumkan pemberian hibah SGD 1,25 juta untuk 12 wirausaha sosial (social enterprises/SE) di Asia.

BACA JUGA : Meski Saingan Berat, Samsung Ajak Xiaomi dan Oppo Kerjasama Demi Layar LipatIni adalah bagian dari 2018 Social Enterprise Grant Programme. Besarnya hibah berkisar antara SGD 30.000 dan SGD 250.000 - diberikan kepada wirausaha sosial dari Singapura, Indonesia, Hong Kong, India, dan Taiwan.Tujuannya untuk mendorong mereka dalam menyebarkan inovasi sosial di bidang-bidang seperti inklusi sosial, pekerjaan dan penghasilan bagi kaum marjinal, kelestarian lingkungan dan solusi pengelolaan limbah, serta keberlanjutan pangan. Hibah ini akan memungkinkan wirausaha sosial untuk meningkatkan layanan mereka, mempersembahkan purwarupa mereka ke pasar, meningkatkan proses kerja atau mengembangkan bisnis yang ada dalam mencapai dampak sosial yang lebih besar.

BACA JUGA : .Facebook Watch Baru Dirilis, Fiturnya Unik Dibanding YouTube

Tahun ini, DBS Foundation menerima permohonan keikutsertaan berbagai wirausaha sosial dari seluruh Asia untuk Grant Programme yang diselenggarakan setiap tahun, dengan nama 'DBS Foundation SE Grant Programme'. wirausaha sosial dipilih berdasarkan kriteria berikut : - kemampuan untuk menangani kebutuhan sosial- inovasi bisnis- keberlanjutan dan skalabilitas model bisnis mereka.

BACA JUGA : Xiaomi Mi Mix 3 Diklaim Bezelless dan Berkamera 'Naik Turun', Cek Jadwal RilisnyaSelain menyajikan solusi inovatif, para peserta perlu menunjukkan langkah untuk mencapai target dan tahapan pencapaian sosial. Para penerima hibah asal Indonesia tahun ini meliputi:1. Evoware Evoware bertujuan untuk meningkatkan gaya hidup yang ramah lingkungan dan menyediakan nilai inovatif kepada masyarakat urban.

Evoware
way

Evoware

Kemasan (bio-packaging) berbahan dasar rumput laut yang dikembangkan untuk menggantikan kemasan plastik bagi produk makanan dan non-makanan, merupakan inovasi sosial yang relevan dan tepat waktu.

Apalagi ada lebih dari 150 juta ton limbah plastik yang mencemari laut saat ini.

BACA JUGA : Bikin Panik, Tombol 'Koleksi' Instagram Hilang, Ternyata Ini Faktanya

Kemasannya bersifat bio-degradable, dapat dimakan dan kaya akan serat, yang menyajikan berbagai keuntungan bagi lingkungan dan makhluk hidup. Bekerja sama secara langsung dengan petani rumput laut, Evoware membantu meningkatkan taraf kehidupan petani sekaligus menyediakan alternatif ramah lingkungan dari plastik. Hibah DBS akan mendukung Evoware untuk meningkatkan kapabilitas produksinya.

BACA JUGA : Mirip Instagram, Twitter Juga Luncurkan Fitur 'Hukuman' untuk Followers Cuek2. GandengTangan.org GandengTangan.org menghubungkan pemilik usaha mikro di Indonesia yang butuh pendanaan dengan investor yang ingin menciptakan dampak sosial. GandengTangan.org mempersembahkan sebuah platform dana yang aman dan transparan di mana kedua belah pihak dapat saling terlibat dalam menciptakan inklusi keuangan di Indonesia.

GandengTangan
way

GandengTangan

Platform online ini menawarkan akses kepada pemilik usaha mikro untuk meminjam dengan suku bunga yang lebih rendah, yang didukung oleh kekuatan kolektif para investor. Hibah akan digunakan untuk meningkatkan produk dengan teknologi pembelajaran dan data ilmiah untuk penilaian kredit yang akurat, serta merekrut tenaga terampil.

BACA JUGA : Minggu Ini HMD Dapatkan Merek Dagang PureView Milik Microsoft

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest