Follow Us

Kartu Debit GPN Berlogo Garuda Sudah Didukung 98 Bank, Asli Indonesia

Wahyu Subyanto - Rabu, 01 Agustus 2018 | 15:45
kartu debit berlogo GPN
CIMB Niaga

kartu debit berlogo GPN

Nextren.com - Saat ini sedang ramai dibicarakan tentang kartu GPN, sebagai alternatif kartu VISA dan Mastercard.Namun untuk saat ini, baru tersedia kartu debit GPN yang berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) alias logo Garuda.Sementara untuk kartu kredit berlogo GPN akan dihadirkan tahap berikutnya.Saat ini sudah ada 98 bank yang menerbitkan kartu debit dengan logo GPN itu.

(BACA : 5 Apps Music Player Terbaik yang Wajib Kamu Punya di Awal Agustus Ini )Salah satu bank yaitu BCA, juga sudah meluncurkan kartu debit berlogo Garuda tersebut. Kartu debit tersebut juga telah dilengkapi dengan teknologi cip untuk kepastian keamanan data nasabah. Menurut Direktur BCA Santoso menjelaskan, kartu debit berlogo GPN ini ditujukan khusus untuk transaksi yang dilakukan di dalam negeri. BCA sudah menyiapkan infrastruktur pendukung kartu debit GPN tersebut, antara lain mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan electronic data capture (EDC) yang sesuai dengan standar GPN.

(BACA : Facebook Kembali Lakukan Uji Coba Tombol 'Downvote', Fungsinya Unik )

Santoso menjelaskan, ada beberapa keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan kartu debit BCA GPN. Keuntungan ini tidak hanya dirasakan oleh nasabah, namun juga oleh merchant (pedagang). Keuntungan penggunaan kartu debit GPN tersebut adalah berupa kenyamanan dan keamanan layanan, sebagai berikut. 1. Nasabah bisa pakai ATM atau EDC bank apa sajaNasabah tidak hanya bisa bertransaksi dengan menggunakan mesin ATM atau EDC milik BCA. Dengan interkoneksi dan interoperabilitas yang dihadirkan dalam GPN, maka mesin ATM dan EDC BCA bisa digunakan oleh nasabah bank manapun di Indonesia.

(BACA : Spesifikasi Sharp A Click, Hape 4 Kamera yang Dijual Cuma Rp 2,3 Juta )

Rahasia dibalik angka ATM
naija news

Rahasia dibalik angka ATM

2. Pedagang tak perlu sedia beberapa mesin EDC untuk melayani transaksiEfisiensi pun bisa dilakukan oleh pedagang. Pasalnya, pedagang tidak perlu lagi menyediakan banyak mesin EDC khusus di mesin kasir lantaran nasabah kini bisa melakukan transaksi dengan mesin EDC bank manapun. 3. Biaya transaksi lebih murahSelain itu, biaya transaksi pun disebut Santoso lebih murah. Sebab, pemrosesan transaksi dilakukan di dalam negeri dan oleh lembaga switching domestik pula.

(BACA : Bocoran Casing Galaxy Note 9 Ungkap Betapa Elegannya Produk Ini )GPN sendiri sudah diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) pada 4 Desember 2017 lalu. Menurut bank sentral, peluncuran GPN adalah sebagai wujud interkoneksi (saling terhubung) antar switching dan interoperabilitas (saling dapat dioperasikan) sistem pembayaran nasional. (*)Penulis : Sakina Rakhma Diah SetiawanArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menurut BCA, Ini Untungnya Pakai Kartu Debit Berlogo GPN"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest