Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com - Tokopediadalam menyambut hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret 2023, membahas mengenai Nomor Induk Berusaha (NIB) yang sangat penting untuk dimiliki oleh pelaku UMKM, khususnya para perempuan.
Saat ini, Tokopedia telah membantu 5.000 pelaku UMKM di platformnya untuk mengurus NIB yang bisa membawa peluang lebih besar.
Dengan terurusnya NIB, pelaku UMKM dapat bisa menjadi Official Store di Tokopedia dan juga mendapat hasil penjualan yang lebih dari sebelumnya.
Baca Juga: Update Kasus Beli Genteng Rp 28 juta, Tokopedia Sebut Ada Kesalahan Penjual
Hal ini dirasakan langsung oleh seller Tokopedia, Stephanie Nursalim, Pemilik Usaha MORNINGSOL yang juga hadir di press conference kemarin (6/3) di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan.
"NIB memudahkan kami menjadi Official Store di Tokopedia sehingga usaha kami menjadi semakin kredibel. Penjualan MORNINGSOL pun hampir 50% terjadi lewat Tokopedia," ujar Stephanie.
Menurur Kemenves RI/BKPM, sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko telah menerbitkan NIB sebanyak 1,8 juta di tahun 2022.
Total usaha kecil yang telah memiliki NIB mencapai 8,5%, sedangkan usaha mikro mencapai 91,5% selama 2022.
Baca Juga: Prediksi Tren Ramadan di Tokopedia, Merchant Harus Perhatikan Hal Ini
Berbagai pelatihan khusus untuk perempuan pelaku usaha, termasuk yang berkaitan dengan NIB, juga dilakukan oleh Tokopedia bersama para mitra strategis seperti pemerintah di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya melalui Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD).
Selain memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB bersama Kemenves RI/BKPM, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif lain untuk memberdayakan perempuan pelaku UMKM agar semakin meraja di negeri sendiri.
Mengingat saat ini sudah ada sekitar 12 juta penjual yang bergabung dengan Tokopedia dan hampir 100% nya UMKM termasuk yang digerakkan oleh perempuan.
Riset LPEM FEB UI 2020 pun mengungkap bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibanding laki-laki.
"Ke depannya, Tokopedia bersama Kemenves RI/BKPM akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku UMKM, khususnya perempuan, untuk memperoleh NIB," ungkapKepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Menyambut Hari Perempuan Sedunia
Tokopedia diketahui membantu perempuan pegiat usaha lokal seperti Heaven Lights, Jewel Rocks, BLP Beauty, Kami dan Wearing Klamby melenggang di ajang fashion week dunia.
Baca Juga: Transaksi Rp 28 Juta Tidak Sampai ke Pembeli, Ini Klarifikasi Tokopedia
Berkat upaya-upaya tersebut, Tokopedia mencatat kenaikan jumlah perempuan penjual mencapai hampir 30% pada awal 2023 dibandingkan periode yang sama sebelum pandemi pada Maret 2020.
Beberapa wilayah dengan lonjakan jumlah perempuan penjual paling tinggi adalah Denpasar, Badung, Balikpapan, Makassar dan Palembang, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3x lipat.
Di sisi lain, beberapa kategori di Tokopedia dengan peningkatan jumlah perempuan penjual palingtinggi, antara lain Perawatan Hewan, Buku, Makanan dan Minuman, Perlengkapan Pesta danKerajinan hingga Olahraga.
Yaitu dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2x lipat selama awal 2023 dibanding periode yang sama sebelum pandemi. (*)