Follow Us

Pentingnya NIB Untuk UMKM Jualan di Tokopedia, Usaha Bisa Lebih Maju!

Zihan Fajrin - Rabu, 08 Maret 2023 | 10:30
Tokopedia anjurkan UMKM untuk miliki NIB agar usaha lebih maju.
Zihan Fajrin

Tokopedia anjurkan UMKM untuk miliki NIB agar usaha lebih maju.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Tokopedia dalam menyambut hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret 2023, membahas mengenai Nomor Induk Berusaha (NIB) yang sangat penting untuk dimiliki oleh pelaku UMKM, khususnya para perempuan.

Saat ini, Tokopedia telah membantu 5.000 pelaku UMKM di platformnya untuk mengurus NIB yang bisa membawa peluang lebih besar.

Dengan terurusnya NIB, pelaku UMKM dapat bisa menjadi Official Store di Tokopedia dan juga mendapat hasil penjualan yang lebih dari sebelumnya.

Baca Juga: Update Kasus Beli Genteng Rp 28 juta, Tokopedia Sebut Ada Kesalahan Penjual

Hal ini dirasakan langsung oleh seller Tokopedia, Stephanie Nursalim, Pemilik Usaha MORNINGSOL yang juga hadir di press conference kemarin (6/3) di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan.

"NIB memudahkan kami menjadi Official Store di Tokopedia sehingga usaha kami menjadi semakin kredibel. Penjualan MORNINGSOL pun hampir 50% terjadi lewat Tokopedia," ujar Stephanie.

Menurur Kemenves RI/BKPM, sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko telah menerbitkan NIB sebanyak 1,8 juta di tahun 2022.

Total usaha kecil yang telah memiliki NIB mencapai 8,5%, sedangkan usaha mikro mencapai 91,5% selama 2022.

Baca Juga: Prediksi Tren Ramadan di Tokopedia, Merchant Harus Perhatikan Hal Ini

Berbagai pelatihan khusus untuk perempuan pelaku usaha, termasuk yang berkaitan dengan NIB, juga dilakukan oleh Tokopedia bersama para mitra strategis seperti pemerintah di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya melalui Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD).

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest