Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - Status endemi di Indonesia membuat masyarakat mulai kembali pada aktivitas lingkungan normal.
Tren belanja di bulan Ramadan 2023 pun dimungkinkan untuk mengubah cara masyarakat untuk memenuhi kebutuhan untuk Hari Raya Idul Fitri.
Kendati demikian, Tokopedia ramalkan adanya tren belanja online yang masih terus berlanjut di tahun 2023.
Pihak perusahaan mensinyalir bahwa masyarakat di Indonesia akan tetap memilih platform belanja online untuk belanja di bulan Ramadan mendatang.
Baca Juga: 4 Tips Kirim Barang Paket Besar ala Tokopedia, Aman dan Lebih Hemat!
Berdasarkan data survei dari The Trade, 9 dari 10 orang di Indonesi pun telah berencana untuk melakukan pembelajaan di bulan Ramadan 2023.
Dan bahkan berdasarkan survei berbeda juga disebutkan kalau 80 persen konsumen platform digital akan meningkatkan penggunaannya di tahun ini.
"Sekarangconvidence masyarakat jadi lebih tinggi," ucap VP of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi, pada acara konferensi pers, Kamis (23/2).
"Kenyataannya orang-orang tetap belanja secara online," lanjutnya.
Lebih lanjut, ia pun menyebut kalau belanja online saat ini sudah menjadi sebuah adaptasi yang sudah mendarah daging bagi konsumen di Tanah Air.
Jadi bulan Ramadan 2023 dipandang oleh pihak Tokopedia sebagai momentum yang paling tepat untukmerchant bisa memaksimalkan penjualan.
Merchant Harus Perhatikan Proses Pengiriman
Namun bukan hanya itu, Tokopedia juga menyarankan paramerchant di platformnya untuk memahami terkait waktu pengiriman.
Pasalnya tidak jarang terjadi kendala pada proses pengiriman setiap mendekati Hari Raya Idul Fitri.
Baca Juga:Tokopedia Cancel Pesanan Secara Massal, Netizen: Seller dan Kurir Rugi
Oleh karena itu, pihak perusahaan mengimbau agarmerchant dapat mengaktifkan sejumlah fitur pengiriman yang disediakan oleh Tokopedia.
Sebab dengan memiliki banyak opsi pengiriman kepada konsumen, maka potensi transaksi yang terjadi di tokomerchant dapat meningkat.
"Kita menyarankan agarbrand and merchant untuk menyalakan fitur Same Day atau Instant Delivery. Kalau bisa semua opsi diaktifkan," tutur Edwin.
Selain itu,merchant juga diharapkan untuk memberikan fitur Gratis Ongkir.
Sebab menurut data Tokopedia, lebih dari setengah pesanan yang terjadi selama bulan Ramadan dikirim dengan fitur tersebut.
Baca Juga: Riset Criteo Ungkap Peningkatan Penjualan Ritel Online di Indonesia Saat Ramadan 2022
Kampanye Ramadan di Tokopedia
Dan untuk menyambut tren belanja online di bulan Ramadan 2023, Tokopedia pun menawarkan sejumlah promo.
Pihak perusahaan membuat sebuah kampanye bertajuk #LengkapiRamadan.
Kampanye tersebut berlangsung sejak tanggal 20 Maret sampai 30 April 2023.
Selama periode tersebut, ada sejumlah keuntungan yang tersedia untuk konsumen seperti voucher bebas ongkir, voucher toko, GoPay Coupon, hingga penawaran GoPayLater Cicil.
(*)