Follow Us

Inilah 3 Aspek Penting yang Bikin Pelanggan e-Commerce Puas, Gak Cuma Promo

Gama Prabowo - Jumat, 09 Desember 2022 | 19:00
Ilustrasi logo platform e-commerce Indonesia
Kompas.com/Galuh Putri Riyanto

Ilustrasi logo platform e-commerce Indonesia

Nextren.com - Banyak aspek yang menentukan kepuasan berbelanjan online di platform e-commerce.

Beberapa orang menganggap bahwa promosi dan harga menjadi patokan utama kepuasan pelanggan, namun hal tersebut tak sepenuhnya benar.

Menurut hasil survei terbaru dari Kadence International pada 2-15 Desember 2022, ada 3 aspek penting yang menentukan kepuasan pelanggan e-commerce.

Menariknya, promosi dan harga tidak termasuk dalam 3 aspek penting tersebut.

Lantas, apa 3 aspek penting yang berkontribusi besar terhadap kepuasan pelanggan e-commerce? Simak selengkapnya!

Baca Juga: Tren Baru Belanja Online: Shoppable Live Stream di TikTok Shop Sudah Dicoba 71 Persen Konsumen Indonesia

Survei Kadence menemukan bahwa terdapat tiga faktor utama yang dicari pengguna platform e-commerce di Indonesia, yaitu faktor keamanan, kualitas dan keaslian produk, serta pengiriman.

Ketiga faktor ini yang kemudian menentukan seberapa puas pengguna terhadap platform e-commerce yang digunakan.

Lebih lanjut, studi ini juga menemukan mengungkap platform e-commerce yang paling terpercaya.

Mayoritas responden menyebut Tokopedia sebagai platform yang paling aman (85%), dapat dipercaya (86%), serta paling memuaskan dari sisi produk serta layanan pengiriman (86%).

Secara keseluruhan, Tokopedia merupakan platform e-commerce dengan indeks kepuasan pengguna tertinggi (89,68), diikuti oleh Shopee (87,77) dan Lazada (81,61).

3 Aspek penting yang berkontribusi terhadap kepuasan pelanggan e-commerce
Kadence International

3 Aspek penting yang berkontribusi terhadap kepuasan pelanggan e-commerce

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest