Tren Baru Belanja Online: Shoppable Live Stream di TikTok Shop Sudah Dicoba 71 Persen Konsumen Indonesia

Rabu, 09 November 2022 | 19:29
Zihan Fajrin

TikTok Shop dan Roughneck 1991 raih rekor MURI terkait tren Shoppable live stream.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - TikTok Shop hari Selasa (8/11) merayakan pencapaiannya meraih rekor MURI karena telah menjadi shoppable live stream di event 10.10.

Rekor MURI yang didapatkan oleh TikTok Shop berikutnya adalah adanya Roughneck 1991 yang sudah berhasil live selama 10 hari tanpa henti.

TikTok Shop juga dianggap berhasil dalam akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam waktu dua minggu dari kategori fashion.

Baca Juga: Cara Bayar TikTok Shop Pakai ShopeePay, GoPay, OVO, dan DANA

Shoppable live stream merupakan nama dari kegiatan yang sering dilakukan oleh brand dalam sebuah platform.

TikTok Shop hadir dengan konsep shoppertainment di TikTok sendiri sudah dihadirkan fitur-fitur yang mendukung pengguna untuk menikmati konten.

Dari yang menghibur terlebih dulu, kemudian baru mengajak mereka untuk berbelanja, seperti fitur live stream dan video pendek.

Baca Juga: Konten Makanan di TikTok Mengumbar Kebiasaan Diet Yang Toxic, Ikuti atau Hindari?

TikTok Shop mengatakan kegiatan shoppable live stream ini telah menjadi alternatif dalam perdagangan modern, baik di Asia Tenggara dan di Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan studi atau data yang tercatat oleh SEA Ahead Wave 5.

Berdasarkan Studi SEA Ahead Wave 5 yang dihimpun oleh perusahaan riset Ipsos, terdapat 69% konsumen di Asia Tenggara yang telah mengakses fitur shoppable live stream, dan 66% telah konsumen membeli produk menggunakan fitur ini.

Di pasar Indonesia, sebanyak 78% konsumen mengaku pernah mendengar dan mengetahui tentang alternatif belanja melalui fitur shoppable live stream, di mana 71% di antaranya telah mencobanya dan 56% telah membeli produk melalui fitur ini.

Dengan data tersebut Desey Muharlina Bungsu, Fashion Category Lead, TikTok Shop Indonesia, mengatakan TikTok Shop telah menjadikan shoppable live stream sebuah tren baru dalam belanja online.

Karena lewat fitur live penjual dan pembeli bisa berinteraksi dua arah.

Baca Juga: Tren Belanja Tokopedia: Beli iPhone 14, TV Digital, Set Top Box Diskon!

"Untuk brand dan merchant kategori fashion, misalnya, pengguna bisa langsung bertanya seputar bahan dan ukuran suatu produk dan dapat langsung dijawab oleh merchant. Hal ini menjadikan sesi live stream lebih informatif dan dan tidak berjarak dengan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan peluang penjualan," ujar Desey kepada media di Jakarta Pusat. (8/11)

Kegiatan shoppable live stream ini telah menjadi alternatif dalam perdagangan modern, baik di Asia Tenggara dan di Indonesia.

Brand Roughneck 1991 yang telah berhasil memecahkan rekor MURI untuk kegiatan live stream terpanjang selama 10 hari berturut-turut, mengaku memilih promosi di TikTok Shop karena melihat perkembangannya yang sangat pesat.

Brand ini memilih untuk melakukan kegiatan promosi di TikTok Shop untuk menyasar konsumen millennial dan Gen-Z.

Baca Juga: TikTok Luncurkan 'Shoppertainment', Indonesia Jadi pasar tertinggi

"Di momen belanja 9.9 kami mulai inisiatif untuk melakukan live nonstop selama tiga hari berturut-turut, dan kegiatan ini membantu kami meningkatkan sales sampai 10 kali lipat dibanding hari biasa. Berkaca dari hasil inilah, kami melakukan lagi live selama 10 hari di momen 10.10," ujar Muhammad Rusli Nur Ikhwan, Owner dari Roughneck 1991.

Namun Rusli mengingatkan kembali, misi Roughneck 1991 bukan lagi hanya meningkatkan sales, namun juga membawa misi untuk ikut program pemerintah untuk menyukseskan produk lokal.

Selain kegiatan live stream, fitur video singkat (short video) juga menjadi pilihan brand dan merchant di TikTok Shop untuk memasarkan produk mereka melalui konten yang menghibur.

Secara kumulatif, terdapat 362.637 penjual dari kategori fashion telah meningkatkan jumlah unggahan video mereka, dan berhasil memecahkan rekor MURI atas akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam waktu dua minggu dari kategori fashion.

TikTok Shop mengatakan banyak brand, merchant, serta kreator di TikTok Shop yang telah melihat hasil positif dengan mengunggah video singkat secara konsisten, membantu mereka mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan peluang penjualan.

Pengguna atau konsumen bisa merasakan pengalaman berbelanja yang mudah dan menyenangkan lewat fitur shoppable live stream dan video pendek, serta dapatkan berbagai diskon dan promo di momen 11.11 Grand Sale di TikTok Shop mulai dari tanggal 3 sampai 11 November 2022. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya