Nextren.com -Trenbelanja online terus menunjukan peningkatan yang signifikan pasca pandemi.
Riset dari perusahaanteknologi global, Criteo menunjukan bahwa penjualan ritel online di Indonesia mengalami lonjakan 46% pada 2 minggu pertama bulan Ramadan.
Criteo mengatakan bahwa pelonggaran kegiatan masyarakat dan pembatasan perjalanan mendorong penjualan ritel online Indonesia semakin meningkat.
"Pelonggaran kegiatan masyarakat dan pembatasan perjalanan mendorong peningkatan penjualan ritel terbesar pada tahn 2022, dibandingkan dengan 2 tahun sebelumnya," ujar Head of Large Customers Criteo, Sukesh Singh.
Baca Juga: Pasca Lebaran Nilai Uang Kripto Anjlok Termasuk Bitcon, Ini Penyebabnya
Tren peningkatan ritel online di Indonesia berdampak pada peningkatan nilai transaksi e-commerce di Indonesia.
Bank Indonesia memperkirakan nilai transaksi tersebut akan meningkat pada kuartal 2 2022 karena memanfaatkan momen Ramadan dan Lebaran.
Tren Ritel Indonesia pada Ramadan 2022
Pada Maret 2022, Survei Penjualan Eceran (SPE), Bank Indonesia menemukan kinerja penjualan ritel secara keseluruhan meningkat, di mana Indeks Penjualan Riil bulan itumeningkat 2,6% (MtM).
Penjualan ritel di hampir pada semua grup kategori, mencatatkan lonjakan karena meningkatnya permintaan masyarakat seiring dengan kelonggaran regulasi mobilitas dari Pemerintah.
Baca Juga: 3 Cara Pilih Smart Lamp yang Baik dan Benar, Jangan Cuma Karena Murah
Tips untuk Mendorong Penjualan