Follow Us

Fakta Statistik, Pemain Serta Highlight Media Sosial Selama Piala Dunia

Maulani Mulianingsih - Senin, 05 Desember 2022 | 12:00
Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022 buatan Madiun
FIFA

Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022 buatan Madiun

Nextren.com - Saat Piala Dunia berlangsung sosial media memang dipenuhi dengan riuh berita mengenai ajang kompetisi sepak bola terbesar di dunia tersebut.

Bahkan beberapa media sosial sampai mengeluarkan statistik, fitur khusus atau konten khusus untuk menyemarakkan Piala Dunia 2022.

Misalnya seperti snapchat yang mengeluarkan fitur khusus terkait Piala Dunia, agar fans sepakbola dunia bisa merasakan euforia Piala Dunia.

Kemudian ada YouTube short yang mengirimkan beberapa konten kreator untuk menonton opening ceremony Piala Dunia 2022.

Selain itu juga ada Twitter yang mengeluarkan statistik percakapan mengenai Piala Dunia, bahkan sebelum ajang tersebut berlangsung hingga statistik twitter ketika ajang tersebut telah diselenggarakan.

Bukan hanya media sosial yang menyemarakan Piala Dunia, tetapi juga berbagai lembaga penelitian yang mengeluarkan laporan mengenai percakapan di media sosial.

Sama seperti media sosial penelitian tersebut dilakukan bahkan sebelum Piala Dunia berlangsung, seperti School of Communication and Media Montclair State University yang melakukan studi tentang tren di media sosia jelang Piala Dunia.

Baca Juga: Inilah Daftar Tim dan Jadwal Lengkap Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Kemudian ditengah berlangsungnya Piala Dunia Brandwatch Consumer Research juga mengeluarkan statistik, pemain dan highlight selama Piala Dunia.

Apa saja temuan statistik, pemain dan highlight Brandwatch Consumer Research selama Piala Dunia?

Penggunaan Hashtag Paling Banyak

Penggunaan hashtag terbanyak selama Piala Dunia 2022 adalah #FIFAWorldCup and #Qatar2022.

Hashtag #FIFAWorldCup tidak terlalu mengejutkan, karena hashtag tersebut merupakan hashtag paling umum yang memang digunakan.

Hashtag tersebut memang digunakan untuk memberikan konteks pada setiap unggahan di media sosial terkait Piala Dunia.

Sama halnya dengan penggunaan hashtag #Qatar2022 karena Qatar memang menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2022 ini.

Kemudian di urutan ketiga terdapat hashtag #saytheirnames, hashtag ini populer selama Piala Dunia berlangsung untuk menarik perhatian pada protes yang sedang berlangsung di Iran.

Diketahui di Iran memang sedang berlangsung aksi protes yang dipicu oleh kematian Mhasa Amini setelah ditahan oleh polisi Iran.

Selanjutnya di urutan keempat #fifa dan di urutan kelima ini terdapat hashtag menarik yang mungkin hanya akan ada di Piala Dunia 2022 ini saja, yaitu hashtag #dreamers 2022.

Hashtag #dreamers 2022 ini memang mungkin saja hanya akan ada di Piala Dunia 2022 saja karena Dreamers merupakan original soundtrack Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 20 ribu Tweet Per Detik Soal Piala Dunia 2022 Beredar di Twitter, Begini Kata Elon Musk

Tweet Yang Paling Banyak di Retweet

Tweet paling banyak di retweet berada pada akun Twitter official milik FIFA dengan username @FIFAWorldCup.

Tweet yang paling di retweet tersebut mencuitkan video personil BTS Jung Kook yang mengumumkan akan tampil pada opening ceremony Piala Dunia 2022.

Dalam tweet tersebut juga dituliskan seolah olah Jung Kook yang mencuitkan tweet tersebur, dengan bertuliskan "See you at The Opening".

Hingga tulisan ini dibuat, tweet tersebut telah di retweet 196,6 ribu kali sejak diunggah pada tanggal 20 November 2022.

3 Pemain Bola Paling Banyak Dibicarakan

Lionel Messi menjadi pemain sepak bola yang paling banyak dibicarakan sejauh ini selama Piala Dunia 2022 berlangsung.

Lionel Messi telah di mention sebanyak 713 ribu kali di media sosial, terdapat beberapa hal yang membuat namanya berkali-kali di mention.

Salah satu hal yang membuat nama Lionel Messi di mention berkali-kali karena ia jadi pemain pertama di Piala Dunia yang gagal memanfaatkan tendangan penalti.

Selanjutnya, diurutan kedua terdapat Christiano Ronaldo sebagai pemain bola yang paling banyak dibicarakan.

Christiano Ronaldo mendapatkan 553 ribu mention, salah satu hal yang membuat nama nya melambung karena ia menjadi pemain pertama di dunia yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia.

Diurutan ketiga terdapat Richarlison yang berasak dari Brazil dengan jumlah mention sebanyak 268 ribu.

Source : Brandwatch

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest