Follow Us

Percobaan Pembunuhan Presiden Rusia Gagal, Ban Mobil Meledak Namun Putin Selamat

Wahyu Subyanto - Jumat, 16 September 2022 | 14:08
Mobil Presiden Rusia Vladimir Putin, Aurus Senat
wikimedia

Mobil Presiden Rusia Vladimir Putin, Aurus Senat

Nextren.com - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan mengalami percobaan pembunuhan saat sedang dalam perjalanan dalam iring-iringan mobil.Diawali adanya 'letusan keras' di salah satu ban mobil mobil yang ditumpangi Putin, namun mobil berhasil meninggalkan lokasi dengan selamat.Informasi percobaan pembunuhan terhadap Putin itu diungkapkan oleh saluran Telegram General SVR yang selama ini dikenal anti Rusia seperti dilansir media Mirror.co.uk, Jumat (16/9/2022).Namun informasi itu belum bisa diklarifikasi kebenarannya, karena Kremlin belum memberikan tanggapan resmi.

Baca Juga: Kanselir Jerman Diam-diam Telepon Vladimir Putin Bahas Nuklir dan Perang Rusia, Ada Apa?Meski General SVR sering mengungkapkan informasi dari orang dalam Kremlin, namun mereka tidak memberikan bukti kuat. Informasi tanpa bukti sebelumnya dari saluran Telegram General SVR adalah Putin diklaim menderita penyakit dan para oligarki Rusia tewas misterius.Sejumlah media asing memberitakan dugaan 'serangan' terhadap iring-iringan kendaraan yang membawa Putin itu juga mengutip informasi dari Telegram General SVR. Dalam informasi itu Putin disebut tidak mengalami cedera apapun dan berhasil dibawa ke lokasi amanSetelah insiden itu, diakukan beberapa penangkapan oleh dinas keamanan Rusia.Beberapa pengawal Putin dilaporkan hilang seiring informasi rahasia tentang tujuan Putin bocor ke pihak lain.Insiden itu disebut terjadi pekan ini saat perang Rusia-Ukraina masih berlangsung, dan dirilis oleh saluran Telegram General SVR pada Rabu (14/9) waktu setempat.Percobaan pembunuhan itu terjadi saat Putin dalam perjalanan pulang ke kediaman resminya dalam iring-iringan kendaraan.Iring-iringan kendaraan presiden Putin itu terdiri atas lima kendaraan lapis baja, dimana Putin ada di kendaraan nomor tiga.Dalam perjalanan ke kediamannya sejauh beberapa kilometer, mobil pengawal pertama dihadang sebuah ambulans.

Lalu mobil pengawal kedua terus melaju tanpa berhenti meskipun tiba-tiba muncul rintangan lalu memutari rintangan itu.Lalu di kendaraan yang membawa Putin, terdengar keras terdengar, yang disebut berasal dari ban depan kiri lalu muncul asap pekat.

Baca Juga: Musim Dingin Tiba! AS dan NATO Geram Putin Manipulasi Harga Energi di Perang Rusia UkrainaKendaraan yang membawa Putin kehilangan kendali, namun kemudian berhasil keluar dari lokasi insiden ke lokasi aman di kediaman resminya.Sementara di kursi pengemudi ambulans yang menghadang kendaraan pertama dari iring-iringan rombongan Putin, ditemukan jenazah pria.Menurut General SVR, detail serangan kepada iring-iringan kendaraan Putin itu seharusnya 'dirahasiakan'.Pasca insiden itu, kepala pengawal kepresidenan dan beberapa orang lainnya yang tidak disebutkan identitasnya, telah dinonaktifkan dan ditahan.Ada sejumlah orang yang mengetahui tujuan Putin dalam iring-iringan itu, dan semuanya dari dinas keamanan kepresidenan. Anehnya, setelah insiden itu, tiga orang menghilang, yaitu orang-orang yang ada di dalam iring-iringan mobil pertama."Nasib mereka tidak diketahui saat ini. Mobil yang mereka tumpangi ditemukan kosong beberapa kilometer dari lokasi insiden," imbuh General SVR.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest