Follow Us

Inilah Hasil Survei Perilaku Konsumen Indonesia Dalam 2022 Consumer Insight Report

Wahyu Subyanto - Selasa, 24 Mei 2022 | 21:42
2022 Consumer Insight Report
Telkomsel

2022 Consumer Insight Report

Nextren.com - Hari ini (24/5), Telkomsel memperluas portofolio bisnis layanan digitalnya dengan meluncurkan platform tSurvey.id untuk publik.

Layanan terbaru Telkomsel ini dirilis secara virtual dalam ajang tahunan Insight for Indonesia 2022: Consumer Insight by Telkomsel tSurvey.id, (24/5).

tSurvey.id adalah platform survei digital yang menawarkan solusi bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.

Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) telah menguji kapabilitas platform riset digital tSurvey.id dan menggandeng Telkomsel dalam pelaksanaan studi dan penyusunan laporan tahunan yang bertajuk 2022 Consumer Insight Report.

Studi selama kurang lebih satu setengah bulan itu berfokus pada perilaku konsumsi masyarakat Indonesia dari berbagai aspek.

Baca Juga: Menuju Endemi, Lazada Prediksi Penjualan E-commerce Masih Tetap Ramai

Berbasis opini dari 1.500 responden di seluruh Indonesia, tSurvey.id bersama LM FEB UI berhasil mengungkap perilaku konsumen Indonesia selama tahun 2021 dan memprediksi tren konsumsi untuk tahun 2022, yang di antaranya seperti berikut :

  1. Pandemi yang masih berlangsung di tahun 2021 membawa dampak perubahan bagi perilaku konsumen Indonesia.Salah satunya adalah kecenderungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari rumah, yang kini sudah banyak dimudahkan oleh platform digital dengan layanan pesan antar dalam waktu singkat, seperti kebutuhan berbelanja rutin dan makanan.
  2. Sumber hiburan digital yang dapat dikonsumsi dari rumah juga mendominasi tahun 2021, dan diprediksi akan menjadi suatu gaya hidup baru di 2022.Video streaming akan menjadi pilihan hiburan Utama, dengan konten Indonesia mengungguli popularitas konten Barat, Korea, Jepang, dan China.
  3. Meskipun kenyamanan aktivitas dan pemenuhan kebutuhan dari rumah sudah menjadi kebiasaan baru, terbaca pula adanya keinginan konsumen Indonesia untuk mulai kembali aktif lagi beraktivitas di luar rumah.Bahkan, satu dari lima responden menyatakan mereka melakukan perjalanan pariwisata untuk bekerja dari lokasi wisata atau work from vacation.
Temuan kunci tersebut disampaikan secara langsung oleh Senior Consultant dan Senior Lecturer LM FEB UI Dr. Nurdin Sobari sebagai expert di bidang consumer behavior pada acara peluncuran tSurvey.id.

Adapun White paper lengkap 2022 Consumer Insight Report akan dipublikasi secara luas selepas acara peluncuran tSurvey.id.

Baca Juga: 5 Aplikasi Mobile Paling Laris di Q1 2022, Didominasi Sosial Media!

Untuk memperkaya insight hasil studi tersebut, Telkomsel menghadirkan sederet nama besar dari beberapa brand terkemuka di Indonesia di ajang tahunan Insight for Indonesia 2022 : Consumer Insight by Telkomsel tSurvey.id, yaitu sebagai berikut :

  • Vincent Tjendra (CEO Astro)
  • Abraham Viktor (CEO Hangry Group)
  • Henry Manampiring (VP Marketing RedDoorz)
  • Ario Adimas (VP Loket.com)
  • Reynazran Royono (CEO FITA)
  • Rezki Yanuar (VP Marketing Vidio.com)
  • Hilda Kitti (VP Marketing Tokopedia)
Mereka masing-masing memaparkan pandangannya sebagai pelaku industri terkait strategi bisnis yang tepat dan selaras dengan perilaku konsumen yang dinamis.

Dalam ajang ini, hadir pula Komisaris Telkom Group Marcelino R. Pandin dan Komisaris Independen Telkom Group Abdi N. Nurdin.

Vice President Data Solutions Telkomsel Mia Melinda berharap melalui acara Insight for Indonesia ini, kapabilitas tSurvey.id sebagai solusi riset bagi pelaku industry, akademik, maupun masyarakat umum bisa ditunjukkan dengan baik.

Kini pengembangan platform tSurvey.id masih terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam melakukan berbagai riset.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest