Follow Us

Drone Bunuh Diri Rusia Dipakai di Ukraina, Berkecepatan 130 km/jam dan Bisa Tabrakan Diri ke Target

Wahyu Subyanto - Kamis, 24 Maret 2022 | 18:20
drone bunuh diri buatan ZALA Aero, Rusia
ZALA Aero

drone bunuh diri buatan ZALA Aero, Rusia

Nextren.com - Sebuah "drone bunuh diri" dilaporkan ditemukan di Ukraina, dimana para ahli khawatir akan penggunaan robot pembunuh dalam peperangan.

Gambar drone KUB-BLA itu diposting Menteri Dalam Negeri Ukraina, Anton Gerashchenko, di Telegram dan tersebar luas di media sosial, seperti dilansir dari News.com.au.

Postingan itu telah memicu kekhawatiran dari para ahli yang berbasis di AS atas penggunaan teknologi oleh pasukan Rusia.

Drone dengan lebar sayap 1,2 meter itu bisa ditembakkan dari peluncur portabel dan terbang hingga 30 menit dengan kecepatan tertinggi 130km/jam.

Saat sebuah target didapat, drone itu dengan sengaja menabrak lokasinya dengan meledakkan tiga kilogram bahan peledak.

Baca Juga: Rusia Berhasil Hancurkan Senjata Ukraina dengan Drone Buatan Israel

Drone itu dijual oleh ZALA Aero, anak perusahaan dari produsen senjata Rusia Kalashnikov, dan didemonstrasikan pada pertunjukan udara 2019.

Perusahaan mengklaim bahwa drone itu memiliki sistem deteksi cerdas dan pengenalan objek berdasarkan kelas dan jenisnya secara real time.

Postingan foto-foto yang dibagikan oleh Gerashchenko tampaknya menunjukkan pesawat tak berawak itu rusak atau ditembak jatuh, meskipun gambar-gambar itu belum diverifikasi secara resmi.

Dampak teknologi di medan perang di Ukraina mungkin kecil, tetapi penggunaannya akan menjadi preseden berbahaya bagi teknologi AI pembunuh.

Di AS, operator drone atau peralatan lain yang mampu membunuh musuh, sistem keputusan akhirnya harus ditentukan oleh manusia.

Sedangkan undang-undang yang akan mencegah pengembangan AI tersebut telah ditolak.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest