Nextren.com -Hari Perempuan Sedunia dirayakan setiap 8 Maret untuk meningkatkan kesetaraan gender dan menghilangkan deskriminasi terhadap kaum perempuan.
Menyambut Hari Perempuan Sedunia, Tokopedia menggelar acara virtual yang mengangkat topik peran perempuan Indonesia dalam kebangkitan ekonomi.
Dalam acara tersebut, Tokopedia mencatat jumlah perempuan pelaku UMKM di Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat di 2021.
Baca Juga: Respon Tokopedia Saat Dituduh Pemerintah AS Fasilitasi Produk Bajakan
Pelaku UMKM di Tokopedia terdiri dari pegiat usaha lokal dari berbagai daerah Indonesia.
“Tokopedia melihat beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan paling tinggi dalam hal jumlah perempuan pegiat usaha lokal selama 2021. Ada Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan,” ujar Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena.
Peningkatan tersebut didorong olehbanyak program Tokopedia bersama pegiat usaha lokal, termasuk perempuan pegiat UMKM.
Mulai dari Tokopedia Beauty Awards 2021, Women in Style serta inisiatif Hyperlocal dan turunannya seperti Tokopedia Nyam!, Festival Fashion Lokal Jawa Barat dan masih banyak lagi.
Baca Juga: Cara Upload Video Unboxing ke Tokopedia Tanpa Batas Ukuran, Gampang!
Studio Dapur adalah contoh UMKM Bandung dengan omzet puluhan juta di Tokopedia.
Studio Dapur didirikan oleh perempuan pegiat usaha, Mega Puspita dan beberapa rekannya.