Follow Us

Kenali Bahaya Mengemudi Sambil Main HP, Lebih Parah dari Mabuk!

Martinus Aditama - Jumat, 05 November 2021 | 12:53
Ilustrasi mengemudikan mobil sambil bermain HP (telepon dengan pengguna lain)
pxhere.com

Ilustrasi mengemudikan mobil sambil bermain HP (telepon dengan pengguna lain)

Nextren.com - Bermain HP merupakan kegemaran banyak orang, begitu pula masyarakat Indonesia.

Namun, bermain HP tidak bisa dilakukan di segala macam aktivitas, salah satunya pada saat mengemudi.

Saat memainkan ponsel, orang bisa lalai karena bisa melakukan apapun mulai dari menjelajah dunia maya, berinteraksi di media sosial (medsos), berbelanja, bermain game, dan lain sebagainya.

Baru-baru ini, sopir dari aktris Vanessa Angel yaitu Tubagus Joddy diduga lalai dan menyalahi aturan karena bermain HP sambil mengendarai mobil.

Baca Juga: Ini Dugaan Penyebab Kecelakaan Vanessa Angel, Supir Nyetir Sambil Main HP!

Akibatnya, terjadi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan hilangnya nyawa dari Vanessa Angel dan sang suami, Bibi Ardiansyah.

Meskipun masih sebatas dugaan, kejadian yang terjadi pada Tubagus Joddy seolah menjadi pengingat akan bahayanya berkendara sambil bermain HP.

Tidak hanya saat mengemudikan mobil, tapi mengoperasikan smartphone juga berbahaya saat mengemudikan segala macam kendaraan.

Lalu, seberapa besar bahaya berkemudi sambil bermain HP? Selengkapnya ada di halaman kedua.

Dilansir dari Kompas.com, Jusri Pulubuhu selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) memberikan pendapatnya terkait bahaya mengemudi sambil bermain HP.

Menurutnya, bermain HP saat sedang mengemudikan kendaraan lebih berbahaya dibanding pengemudi yang mengendarai kendaraan dalam keadaan mabuk karena pengaruh alkohol.

"Dari penelitian yang pernah dilakukan, bermain HP saat berkendara tingkat bahayanya bisa empat kali lipat lebih besar dari seorang yang sedang mabuk atau dalam pengaruh alkohol (dalam dosis 2 botol bir),” kata Jusri seperti dikutip dari Kompas.com.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest