Follow Us

Fakta Riset Indeks Kebahagiaan E-Commerce, Banyak Dipakai Belum Tentu Bikin Bahagia

Fahmi Bagas - Jumat, 05 November 2021 | 11:00
Ada 5 tips aman ketika transaksi belanja online, di antaranya pastikan toko sudah terverifikasi.
Freepik

Ada 5 tips aman ketika transaksi belanja online, di antaranya pastikan toko sudah terverifikasi.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Aktivitas belanja online yang tengah meningkat di hampir seluruh wilayah Indonesia tidak sejalan dengan tingkat kebahagian yang didapatkan saat menggunakan aplikasi e-commerce.

Hasil riset yang dilakukan oleh tim Nextren dalam penelitian bertajuk "Indeks Kebahagiaan E-Commerce" pun mencatat ada sejumlah hal yang perlu diperbaiki oleh setiap pelaku atau perusahaan yang beroperasi di Tanah Air.

Perlu diketahui juga bahwa dalam riset ini pun terdaftar sejumlah nama perusahaan seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, BukaLapak, BliBli, Zalora, dan lainnya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Seller Penipu di Marketplace, Jebak Pembeli Pakai Sistem COD

Banyak Pengguna Bukan Berarti Bahagia

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa saat ini e-commerce yang paling banyak digunakan adalah Shopee dan Tokopedia.

Shopee berada di peringkat pertama, sedangkan Tokopedia ada di urutan nomor dua sebagai e-commerce yang paling banyak digunakan oleh responden.

Kendati demikian, posisi keduanya berbanding terbalik dengan tingkat kebahagiaan para penggunanya.

Riset mencatat bahwa Shopee dan Tokopedia justru memiliki indeks kebahagiaan terendah di antara e-commerce lainnya.

Selain itu, survei dari responden menilai bahwa Shopee & Tokopedia juga tidak memiliki top category product.

Baca Juga: Cara Mencari Barang dengan Foto, Belanja Online Makin Mudah!

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest