Follow Us

Indosat Ooredoo dan 3 Resmi Merger, Jadi Operator Seluler Terbesar Kedua?

Wahyu Subyanto - Kamis, 16 September 2021 | 22:30
kantor pusat Indosat Ooredoo
kontan

kantor pusat Indosat Ooredoo

Nextren.com - Setelah melalui penjajakan yang cukup panjang, hari ini (16/9/2021) akhirnya Indosat Ooredoo dan 3 (PT Hutchison 3 Indonesia) resmi mengumumkan penandatanganan perjanjian transaksi untuk rencana penggabungan masing-masing bisnis telekomunikasi di Indonesia.

Perusahaan hasil merger ini akan diberi nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (“Indosat Ooredoo Hutchison”).

Dalam siaran pers dari Hutchison, penggabungan Indosat Ooredoo dan H3I ini akan menyatukan dua bisnis yang saling melengkapi untuk menciptakan perusahaan telekomunikasi dan internet digital kelas dunia yang lebih besar, lebih kuat secara komersial dan lebih kompetitif.

Tujuannya untuk memberikan nilai lebih bagi semua pemegang saham, pelanggan, dan bagi Indonesia.

Baca Juga: Bioskop Mulai Buka Hari ini, Wajib Prokes & Install PeduliLindungi!

Indosat Ooredoo Hutchison akan berada di posisi yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia dan transformasi menuju masyarakat digital.

Ini akan menjadi perusahaan telekomunikasi seluler terbesar kedua di Indonesia, senilai US$6 Miliar (Rp 85 Triliun), dengan perkiraan pendapatan tahunan sekitar US$3 miliar (Rp 42.8 triliun).

Seperti kita ketahui, selama ini Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia, dan posisi kedua saling bergantian antara XL Axiata dan Indosat Ooredoo.

Perusahaan gabungan akan memiliki skala, kekuatan finansial, dan keahlian untuk bersaing secara lebih efektif.

Menggabungkan aset dan produk Indosat Ooredoo dan H3I yang saling melengkapi disebut akan mendorong inovasi dan peningkatan jaringan dengan penawaran produk lebih luas, kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

Indosat Ooredoo dan H3I memiliki infrastruktur yang saling melengkapi.

Kombinasi dari aset-aset ini juga akan memungkinkan perusahaan hasil merger untuk mendapatkan keuntungan dari sinergi biaya dan Capex serta memberikan keuntungan yang lebih besar kepada semua pemangku kepentingan.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest