Penerapan fitur App Tracking Transparency di perangkat iPhone dan iPad memberi dampak luar biasa bagi dunia periklanan digital.
Melasir dari Wall Street Journal, jumlah pengiklan di aplikasi-aplikasi iOS turun secara signifikansetelah App Tracking Transparency diterapkan.
Pengiklan digital cenderung memilih untuk memasang iklannya di platform Android karena lebih efektif.
Baca Juga: Perusahaan Asal Jerman Komplain Kebijakan Apple, Ini Alasannya
Pengiklan digital mengatakan bahwa mereka telah kehilangan banyak data yang berpengaruh terhadap efektivitas iklan di perangkat iOS karena App Tracking Transparency.
Dengan berkurangnya efekivitas iklan di iOS, maka pengiklan cenderung memilih bermigrasi ke platform Androidyang masih memperbolehkan aplikasi untuk mengumpulkan data pengguna.
Hal tersebut menyebabkan permintaan periklanan yang tinggi di aplikasi-aplikasi Android sekaligus meningkatkan harga iklan di platform tersebut.
Penasaran dengan data penurunan iklan di perangkat iOS?
Yuk, simak penjelasan di halaman berikutnya.
Berdasarkan laporan Wall Street Journal, harga iklan di Android kini meningkat 30% lebih tinggi daripada sebelumnya.
Sedangkan harga iklan di aplikasi-aplikasi iOS turun secara drastis.
Agensi iklan digital seperti Tinuiti menjadi salah satu perusahaan yang merasakan dampak besar App Tracking Transparency.
Mereka mengatakan bahwa kliennya telah merubah proyeksi belanja tahunan dari 46% di perangkat Android menjadi 64% hanya dalam tempo waktu kurang dari 2 bulan.
Di sisi lain, pengiklan mengurangi alokasi iklannya di platform iOS dari 42% menjadi 25% dalam tempo waktu kurang dari 2 bulan.
Baca Juga: Iklan Waterproof iPhone 12 Disebut Menyesatkan, Ternyata Ini Alasannya!
Penerapan kebijakan App Tracking Transparency sejak awal telah menuai beberapa kontroversi, terutama di kalangan pengembang aplikasi besar seperti Facebook, Spotify, dll.
App Tracking Transparency dapatmencegah aplikasi melacak data pribadi pengguna tanpa sepengetahuan mereka.
Data pribadi yang dimaksud adalah lokasi, usia, informasi kesehatan, kebiasaan berbelanja, dan browsing history yang bisa menjadi data penting bagi pengiklan.
Tanpa adanya data tersebut, efektivitas iklan akan menurun, bahkan tak sesuai dengan sasaran.
Perlu menjadi perhatian bahwa App Tracking Transparency tak hanya berdampak pada industri periklanan, namun juga berdampak besar pada pengguna iOS.
Dengan adanya App Tracking Transparency, pengguna iOS tak lagi merasa was-was tentang penjualan data pribadi oleh aplikasi semacam Facebook, Instagram, Twitter dll.
App Tracking Transparency telah membantu pengguna untuk mendapatkan keamanan dan privasi di era digital ini.
Tetap ikuti Nextren untuk informasi menarik seputar industri teknologi berikutnya. (*)