Apple menjadi salah satu brand yang kerap memamerkan fitur waterproof atau anti air perangkat iPhone di iklan mereka.
Namun, beberapa konsumen dari Cina menyebutkan bahwa Apple telah menayangkan iklan dan promosi yang menyesatkan terkait fitur waterproof di perangkat iPhone 12.
Berdasarkan laporan dari Gizchina, beberapa konsumen dari Cina memprotes dan mengkritisi bahwa fitur waterproof iPhone 12 menyesatkan karena beberapa alasan penting.
Baca Juga: Waterproof Bukan Berarti Anti Air, Kenali Perbedaan Kode Standar IP
Anggapan masyarakat terkait kesesatan iklan waterproof iPhone datang dari kebijikan klaim garansiApple.
Kebijakan Apple yang tak memberikan garansi tahan air di iPhone 12 merupakan masalah besar bagi konsumen.
Selain itu, Apple juga memberikan keterangan bahwa fitur waterproof dapat berkurang kemampuannya karena penggunaan sehari-hari.
Penasaran dengan iklan waterproof iPhone 12 yang dianggap menyesatkan oleh konsumen Cina?
Yuk, simak penjelasan di halaman berikutnya.
Baru-baru ini Apple mengeluarkan video iklan yang menunjukanseorang pria sedang menelpon ketika hujan lebat mengunakan iPhone 12.
Iklan tersebut menitikberatkan pada poin bahwa konsumen tak perlu merasa khawatir dengan kerusakan perangkat iPhone 12 karena terendam atau terciprat air.
Namun pada kenyataannya, Apple tidak memberikan garansi apapun ketika perangkat iPhone 12 terendam dalam air.
Harus dikatakan bahwa kurangnya jaminan waterproof di produk smartphone adalah sebuah 'trik' marketing yang hampir dilakukan oleh beberapa vendor smartphone, termasuk Apple.
Jadi, jika smartphone waterproof kalian terendam air dan terjadi beberapa kerusakan, maka kalian harus siap untuk merogoh kocek untuk memperbaikinya.
Baca Juga: 100 Juta Unit iPhone 12 Series Terjual dalam 7 Bulan, Sukses Besar!
Meski tak memberikan jaminan tentang kemampuan waterproof di produknya, konsumen tetap tertarik untuk membeli produk Apple.
Berdasarkan laporan dariCounterpoint Research, Seri iPhone 12 berhasil terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia hanya dalam waktu 7 bulan dari tanggal peluncuran.
Menurut para analis pasar smartphone global, kesuksesan seri iPhone 12 disebabkan oleh 2 hal penting.
Pertama, adopsi teknologi 5G di semua model iPhone 12 merupakan langkah besaruntuk menarik minat beli masyarakat.
Kedua, Apple menggunakan teknologi layar OLED di semua model iPhone 12.
Mungkin, fitur waterproof juga menjadi salah satu faktor penarikdaya beli pengguna, namun jelas hal tersebut bukanlah yang utama.
Bagaimana tanggapan kalian terkait masalah iklan Apple yang dianggap menyesatkan ini?
Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya! (*)