Follow Us

Viral Cara Bikin Alat Oksigen Pakai Aerator Aquarium, Ini Penjelasan LIPI

Fahmi Bagas - Selasa, 06 Juli 2021 | 12:30
Alat sederhana dari aerator akuarium tak bisa menangani gejala sesak napas pada pasien Covid-19
Instagram@dr_natasha_surgeon/covid19.go.id

Alat sederhana dari aerator akuarium tak bisa menangani gejala sesak napas pada pasien Covid-19

Nextren.com - Tengah viral di lini masa media sosial terkait perdaran video cara membuat alat oksigen hanya dengan menggunakan aerator aquarium.

Video tersebut pun sempat Nextren temukan pada hari Senin (5/7) kemarin melalui pesan berantai (broadcast) di Instagram dan grup pesan WhatsApp.

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa konsumen bisa membuat alat oksigen yang berguna untuk membantu pernapasa hanya dengan harga yang terjangkau.

Dikatakan kalau untuk membuat alat oksigen pakai aerator aquarium hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 100 ribuan untuk membeli bahan-bahannya.

Baca Juga: Cara Cek Kebenaran Berita Pakai Google Fact Check, Jangan Terjebak Hoax

Aerator aquarium sendiri merupakan alat penghasil gelembung udara di dalam air yang bisa dibeli dengan kisaran harga puluhan ribu Rupiah.

Lalu untuk bahan-bahan lainnya tercatat ada botol air mineral dan selang untuk dijadikan alat penyambung antara aerator dengan hidung penggunanya.

"Cukup saya berikan 2 alat untuk gelembung ikan yang biasanya di gambarkan. Harganya satu Rp 50.000 jadi 2 Rp 100.000 lanjut kita siapkan selang."

"Ini sesuai kebutuhan. Minimal 2 meter biat nanti bisa dicapai," ucap pembuat video.

Yuk

"Karena darurat ini selang masih begini saja. Ini (satu sisi selang) langsung masuk ke hidung. Ini (sisi selang lainnya) kita masukkan ke botol ini," lanjutnya.

Lantas apakah membuat alat oksigen pakai aerator aquarium adalah tindakan yang benar?

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest