Follow Us

facebookyoutube_channeltwitter

Telkomsel nGage, Platform Komunikasi Digital Perusahaan dan Pelanggan

Wahyu Subyanto - Kamis, 24 Juni 2021 | 20:22
Aplikasi Gojek, salah satu pengguna solusi dari Telkomsel nGage
Gojek

Aplikasi Gojek, salah satu pengguna solusi dari Telkomsel nGage

Nextren.com - Layanan baru komunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya hari ini (24/6) resmi dihadirkan Telkomsel dalam acara virtual, dan diberi nGage.

Sebagai platform solusi komunikasi di bidang Communication Platform as a Service (CPaaS), nGage akan meningkatkan pengalaman berinteraksi semua pihat terkait, lewat integrasi antara platform komunikasi dengan aplikasi perusahaan.

nGage hadir untuk memperluas portofolio layanan digital, terutama dalam memperkuat transformasi digital dalam operasional bisnis para pelanggan korporasi di Indonesia.

“Telkomsel nGage mengusung empat keunggulan utama, yaitu simplicity, agility, engagement, dan flexibility, " ujar SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir.

Baca Juga: Samsung The Sero Solusi Pekerja Multitasking Saat Bekerja di Rumah

Empat keunggulan tersebut diharapkan mampu mendorong produktivitas dan efektivitas operasional perusahaan, khususnya dalam memperkuat komunikasi berbasis digital.

Tujuannya untuk memaksimalkan adaptasi dengan kebiasaan baru di tengah masa yang penuh tantangan seperti saat ini.

Platform ini adalah bagian dari layanan Telkomsel Enterprise, unit usaha Telkomsel penyedia solusi bisnis komprehensif untuk segmen perusahaan, pemerintahan, hingga UMKM.

Dalam mengembangkan Telkomsel nGage, dilakukan kolaborasi dengan Bridge Alliance yang telah berpengalaman di bidang pengembangan machine-to-machine (M2M), enterprise mobility, dan Internet of Things (IoT).

Pada penerapan Telkomsel nGage, pengguna bisa dengan mudah menambahkan fungsi komunikasi real-time, mulai dari telepon, SMS, aplikasi pesan instan, jejaring sosial, hingga konten video, ke dalam aplikasi perusahaan mereka.

Penambahan fungsi itu dilakukan lewat pemrograman aplikasi antarmuka atau API (Application Programming Interface) sehingga produk atau layanan lain dapat saling terhubung.

Selain fleksibilitas komunikasi lewat berbagai platform digital, Telkomsel nGage tetap mengedepankan keamanan data bagi para pelanggan korporasi dan pihat terkait di dalamnya.

Baca Juga: Unreal Engine Bisa Jadi Solusi Kemajuan Industri Film dan Game Indonesia

Ilustrasi Telkomsel nGage
Telkomsel

Ilustrasi Telkomsel nGage

Dalam peluncurannya kali ini, Telkomsel nGage memperkenalkan tiga fitur utama, yaitu Number Masking, Video API, dan Two-Factor Authentication.

Dengan Number Masking, perusahaan bisa berkomunikasi secara interaktif antara pelanggan dengan karyawan atau agen, tanpa memperlihatkan nomor telepon pribadi kedua belah pihak.

Selama ini, masyarakat tanpa sadar sudah menikmati fitur Number Masking ini, misalnya di aplikasi Gojek.

Layanan yang dipakai Gojek adalah number masking atau fitur penyamaran nomor telepon.

Dengan Number Masking, privasi dan keamanan data nomor telepon pribadi para mitra driver dan pelanggan tetap terjaga.

Jadi saat proses pemesanan layanan Gojek, pengguna bisa berkomunikasi tanpa harus memperlihatkan nomor telepon pribadi.

Hal ini dapat meminimalisir risiko penyalahgunaan nomor telepon yang bisa merugikan berbagai pihak.

Berikutnya fitur Video API akan membantu pengguna untuk menyematkan aplikasi komunikasi berbasis video ke dalam workflow atau tools yang dimilikinya.

Baca Juga: Tren Teknologi Terkait Covid-19 yang Diadopsi di 2021, Makin Canggih!

Sedangkan Two-Factor Authentication membuat pengguna bisa menerapkan lapisan keamanan tambahan bagi pelanggan mereka, dalam menggunakan situs web atau aplikasi dengan aman, baik saat mendaftarkan akun, autentikasi saat log in, maupun melakukan transaksi.

Menurut SVP Business Development Gojek Reggy Susanto, “Gojek berkomitmen membuat keseharian pelanggan lebih mudah dengan menghadirkan solusi atas masalah sehari-hari."

Menurut Reggy, fitur ini penting untuk menambah keamanan data pribadi pengguna. Selain itu juga melengkapi keberadaan fitur InApp Chat sebagai saluran komunikasi yang aman dan andal, dalam menghubungkan mitra driver dan pelanggan.

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x