Follow Us

Telkomsel Panen Saat Pandemi: E-learning Melonjak 5799 Persen, Rapat Online Naik 300 Persen

None - Sabtu, 19 September 2020 | 21:50
BTS Operator
kompas

BTS Operator

Nextren.com - Telkomsel mencatat pertumbuhan positif trafik data payload mencapai lebih 40% (YoY), dengan peningkatan layanan bisnis digital sekitar 10% (YoY) sepanjang semester I 2020.

Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel menuturkan, hal tersebut didukung dengan semakin tingginya adopsi layanan digital oleh lebih dari 105 juta pengguna aktif layanan data Telkomsel.

"Kami juga melihat tren interaksi pengguna data secara triwulanan yang positif, melalui peningkatan trafik payload tiap pengguna data dan pertumbuhan ARPU yang menunjukkan potensi tren penggunaan dari keterjangkauan harga yang lebih baik serta daya tarik yang baik dari produk unggulan seperti paket kuota harian (Ketengan), dan paket khusus yang dihadirkan untuk mendukung aktivitas SfH dan WfH, seperti Paket Ilmupedia dan Paket Conference," ujarnya kepada Kontan, Kamis (17/9).

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Trafik Data XL Axiata Naik 45 Persen dan Untung Rp 1,7 Triliun

Denny melanjutkan, sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI untuk beraktifitas dari rumah, Telkomsel juga mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 18%.

Sejumlah faktor yang mengkontribusi lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband antara lain, pertumbuhan pengguna platform layanan e-learning meningkat 5799%.

Berikutnya, pertumbuhan pengguna platform layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/ meeting conference meningkat 300%.

Sementara lonjakan trafik komunikasi layanan pesan instan (melalui WhatsApp, Line, dan Telegram) meningkat 33%, lalu lonjakan trafik komunikasi layanan games online meningkat 61%.

Baca Juga: Pemakaian Internet Naik Selama Pandemi, GoJek Waspadai Penipuan Manipulasi Psikologis

Terakhir, lonjakan trafik komunikasi layanan streaming video seperti YouTube dan MAXstream, meningkat 23%.

"Dengan adanya kenaikan trafik layanan berbasis data dan digital, serta perubahan pola penggunaan layanan oleh pelanggan pada masa tanggap pandemi COVID-19 ini, tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja perseroan," ujar dia.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest