Follow Us

  Data Real Waze Tentang Tren Lalu Lintas Ramadan 2020, DKI Turun 72 Persen

Wahyu Subyanto - Rabu, 10 Juni 2020 | 15:30
Ilustrasi penggunaan Waze
autoblog

Ilustrasi penggunaan Waze

Nextren.com – Indonesia terus berupaya untuk menekan laju penyebaran COVID-19 sejak kasus pertamanya teridentifikasi di negara ini.

Pemerintah juga telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dalam mengatasi pandemi tersebut, seperti salah satunya adalah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah, pembatasan penggunaan ruang publik, dan sebagainya.

Pandemi ini, yang memicu tindakan-tindakan preventif yang diambil untuk mencegah penyebarannya, juga telah mempengaruhi banyak aspek, termasuk Ramadan yang baru saja kita jalani.

Seperti yang diimbau oleh pemerintah untuk mengadakan semua kegiatan perayaan di rumah, Ramadan tahun ini pun sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Redmi Note 9 Series Masuk Indonesia Mulai Rp 2 Jutaan, Ada Diskon dan Bonus Powerbank

Masyarakat tidak dapat menikmati buka puasa bersama dengan orang-orang terkasih, larangan ibadah berjamaah di masjid, dan bahkan banyak orang yang harus membatalkan rencana perjalanan mereka karena kebijakan pembatasan mudik oleh pemerintah.

Waze, aplikasi berbasis komunitas, mencatat tren lalu lintas di empat kota di Indonesia selama Ramadan, yaitu Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, dan Tangerang.

Dengan berlakunya PSBB, rata-rata kilometer yang ditempuh di DKI Jakarta turun sebesar 72%, yang menunjukkan penurunan paling banyak dibandingkan dengan kota-kota lain, diikuti oleh Tangerang 70%, Bekasi 60% dan terakhir, Tangerang Selatan 55%.

Baca Juga: Banyak Toko di Batam Jual Hape BM Canggih Harga Rp 10 Jutaan, Aman Dipakai Tidak Terblokir

Dengan adanya kebijakan pembatasan mudik dan arahan untuk melakukan salat Ied di rumah, Hari Raya tahun ini, yang jatuh pada tanggal 24 Mei, tetap memiliki keunikannya dalam hal lalu lintas.

Bila dibandingkan dengan rata-rata harian global Februari untuk periode dua minggu (11 Februari – 25 Februari 2020), rata-rata kilometer harian yang dikemudikan di Bekasi turun 76%, tertinggi dibandingkan yang lain.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest