Follow Us

Hasil Survei Buktikan Pelanggan Lebih Suka Cari Info Mobil Secara Online

Wahyu Prihastomo - Senin, 04 November 2019 | 17:20
Ilustrasi mencari informasi seputar mobil secara online

Ilustrasi mencari informasi seputar mobil secara online

Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo

Nextren - Dunia digital kini semakin punya banyak peran bagi manusia.

Seperti di dunia nyata, rasanya dunia digital sudah memiliki segala hal yang kita butuhkan.

Satu hal yang paling merasakan manfaat dunia digital adalah dari sektor perdagangan.

Misalnya adalah dari pasar otomotif.

Baca Juga: Sambut UC 11.11 Shop Fest, UC Browser dan Lazada Hadirkan Pengalaman Berbelanja Online Unik di Aplikasi

Dilansir dari KompasOtomotif, rupanya saat ini calon pembeli lebih senang mencari informasi seputar spesifikasi mobil dari internet.

Hal ini diungkap langsung oleh survei yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Hasil survei menunjukkan lebih dari 60 persen calon pembeli mencari informasi mobil baru secara online.

Baca Juga: Tiket MRT Jakarta Bisa Dibeli Secara Online dengan Aplikasi Khusus

Beberapa sumber yang paling sering dikunjungi antara lain artikel dari portal berita, gambar, dan tentunya video review dari Youtube.

Lewat internet para calon pembeli bisa langsung melihat spesifikasi, harga, serta perbandingannya dengan produk lain.

Saat ini sudah semakin banyak konten kreator di Youtube yang fokus dalam menciptakan konten seputar otomotif.

Bukan cuma itu, calon pembeli juga bisa membandingkan pengalaman menggunakan mobil dari beberapa konten kreator yang berbeda.

Baca Juga: Polisi dan Google Kesulitan Basmi Pinjaman Online Ilegal, Ternyata Ini Penyebabnya

Hal ini dinilai jadi faktor penting yang bisa memantapkan calon pembeli dalam memilih mobil impian mereka.

Akibat beragamnya manfaat yang bisa didapat dari dunia digital, PT TAM menyebut kini fungsi showroom mulai bergeser.

Rata-rata pengunjung yang datang ke showroom adalah pengunjung yang sudah hampir pasti membeli.

Tujuan mereka datang ke showroom hanyalah untuk sekadar melakukan test drive atau mungkin mencari promo menarik dari showroom tersebut.

Baca Juga: Lelang Online 76 Mobil Subaru Sitaan, Harga dan Kondisinya Menggoda

“Kalau dibandingkan dengan 10 tahun lalu misalnya hanya sekitar 20 persen atau 30 persen. Dan itu pun masih mencari informasi dasar, karena waktu itu kontennya belum banyak, hanya tertulis,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau dunia digital dan perkembangan teknologi memang sanggup merubah perilaku dan kebiasaan manusia.

Selain itu, teknologi juga terbukti mampu memberikan banyak kemudahan di banyak aspek kehidupan. (*)

Baca Juga: Bayar Pajak Mobil dan Motor Langsung di Aplikasi Samsat Online Nasional, Tak Perlu Antri di Samsat

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest