Follow Us

Hacker Ditantang Bobol Keamanan Mobil Tesla, Hadiahnya 12 Milyar

David Novan Buana - Selasa, 15 Januari 2019 | 20:41
Kontes hacking Pwn2Own tawarkan hadiah hingga 12.7 milyar Rupiah untuk tembus keamanan mobil elektrik Tesla Model 3.
digitaltrends.com

Kontes hacking Pwn2Own tawarkan hadiah hingga 12.7 milyar Rupiah untuk tembus keamanan mobil elektrik Tesla Model 3.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Keamanan cyber merupakan satu hal yang sangat penting di era digital sekarang ini, terutama untuk perusahaan teknologi kelas dunia.

Itu sebabnya hacker tidak melulu menyerang untuk merugikan, karena ada pula hacker yang menembus keamanan cyber untuk mencari celah dan memberikan laporannya ke perusahaan yang diserang untuk menutupnya.

Seperti salah satunya kontes hacker terkemuka Pwn2Own, yang tahun ini tawarkan hadiah hingga lebih dari $900.000 (sekitar 12.7 milyar Rupiah) untuk tembus keamanan digital mobil elektrik Tesla Model 3.

Baca Juga : Chromecast Diserang Hacker dan Tampilkan Dukung PewDiePie di Smart TV

Pada kontes ke 13 ini, Pwn2Own membuka kategori mobil elektrik Tesla Model 3 ini karena begitu tingginya keamanan digital yang dimiliki oleh kendaraan ini.

Dari total hadiah tersebut, uangnya akan dibagi ke dalam beberapa kategori hacking dan jumlahnya semakin tinggi di bagian yang sulit.

Setidaknya ada hadiah sebesar $250.000 (sekitar 3.5 milyar Rupiah) untuk serangan pada tiga bagian teraman mobil ini.

Pertama adalah pada bagian Gateway, yang berfungsi sebagai pintu pusat yang memproses data yang berasal dari fungsi chassis, powertrain, dan komponen penting lain di mobil.

Kemudian bagian kedua adalah pada Autopilot, yang berfungsi sebagai asisten pengemudi dan memberikan bantuan untuk berpindah jalur di jalan raya, parkir, dan beberapa fungsi keamanan mengemudi lain seperti mengingatkan ketika pengemudi mengantuk.

Bagian terakhir yang memiliki hadiah terbesar adalah Vehicle Controller Secondary (VCSEC), yang fungsinya tidak kalah penting yaitu untuk keamanan seperti alarm.

Jelas saja ketiga bagian ini memiliki hadian terbesar, karena serangan di bagian ini akan menyebabkan kecelakaan fatal atau hal lain yang bisa membahayakan pengemudinya.

Source : ARS Technica

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest