Follow Us

Chromecast Diserang Hacker dan Tampilkan Dukung PewDiePie di Smart TV

David Novan Buana - Kamis, 03 Januari 2019 | 19:38
Chromecast menjadi target hacker untuk tampilkan pesan di smart TV, berisi ajakan untuk dukung YouTuber PewDiePie.
gadgethacks.com

Chromecast menjadi target hacker untuk tampilkan pesan di smart TV, berisi ajakan untuk dukung YouTuber PewDiePie.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Ancaman keamanan cyber dari hacker tidak melulu menyebabkan kerusakan properti atau mencuri datamu, seperti yang dilakukan oleh hacker ini.

Target serangan dari hacker ini adalah Chromecast yang ada di dalam smart TV, dan memaksa layar TV tersebut untuk menampilkan pesan untuk mendukung dan subscribe ke channel YouTuber terkenal PewDiePie.

Ternyata hacker ini pula yang pada November 2018 sempat menggunakan kelemahan keamanan pada printer yang terhubung dengan internet untuk mencetak pesan yang juga mengajak untuk mendukung YouTuber tersebut.

Baca Juga : Hacker Bobol Printer, Cetak Pesan Untuk Subscribe Ke Channel PewDiePie

Serangan yang dilakukan oleh dua orang hacker dengan nama handle j3ws3r dan HackerGiraffe ternyata bukan langsung menyerang Chromecast.

Karena Google sendiri menegaskan bahwa sistem Chromecast yang biasanya digunakan untuk streaming video dari perangkat mobile atau sumber lain di internet ke TV tersebut tidak tertembus serangan langsung.

Lubang keamanannya ternyata berasal dari router, perangkat elektronik yang digunakan untuk terhubung ke internet.

Menurut laporan dari The verge, hacker menggunakan kelemahan yang disebabkan oleh pengaturan di router, dan hal itu bisa menampilkan perangkat smart seperti Chromecast dan Google Home di internet, dan bisa ditemukan oleh pihak lain.

Pengaturan yang menyebabkan lubang keamanan tersebut adalah ketika pengguna router menghidupkan UPnP (Universal Plug and Play).

UPnP biasanya digunakan untuk bisa mengakses layanan tertentu supaya tidak terblok oleh penyedia layanan internet dan juga ketika ingin main game online.

Namun jalur bebas hambatan itu pula yang membuka jalan masuk untuk pihak ketiga ke dalam sistem perangkat smart seperti smart TV.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest