Follow Us

Hacker Bobol Printer, Cetak Pesan Untuk Subscribe Ke Channel PewDiePie

David Novan Buana - Minggu, 02 Desember 2018 | 18:36
Hacker serang printer di seluruh dunia untuk cetak pesan bersahabat, minta untuk korbannya menjadi subscriber PewDiePie.
cyberinject.com

Hacker serang printer di seluruh dunia untuk cetak pesan bersahabat, minta untuk korbannya menjadi subscriber PewDiePie.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Serangan hacker selalu sinergi dengan ancaman yang mengerikan dan pastinya merugikan untuk pihak yang diserang.

Namun hacker yang satu ini ternyata berpikiran lain, dan melancarkan serangannya dengan pesan yang lebih jinak.

Melalui kelemahan keamanan di printer, hacker ini mencetak pesan secara otomatis untuk korbannya supaya menjadi subscriber di channel YouTube PewDiePie.

Baca Juga : Drone DJI Dihantui Ancaman Keamanan Fatal Yang Bisa Digunakan Hacker

Konyol memang, karena hacker yang menamakan dirinya dengan online handle TheHackerGiraffe tersebut hanya mencetak pesan itu saja, dan tidak memberikan ancaman sama sekali.

Bahkan bila korbannya tidak mengikuti permintaannya sekalipun, hacker ini tidak akan menyerangnya lebih lanjut.

Selama kurun waktu seminggu, hacker ini menggunakan exploit sederhana yang ada di dalam printer, terutama yang terhubung ke internet, untuk memberikan pesan sekaligus peringatan tersebut.

Printer di seluruh dunia yang penggunanya tidak rajin melakukan update keamanan terkena serangan ini, dan pada akhirnya ramai dibicarakan di Twitter.

Pengguna Twitter dari Amerika, Kanada, dan Inggris mempost tampilan dari hasil print tersebut, dan kebingungan akan motifnya.

TheHackerGiraffe sendiri mengakui serangan tersebut sebagai hasil karyanya, dan dia juga mengatakan kepada Engadget bahwa setidaknya ada 50 ribu unit printer yang dia serang.

Sebelum menyerang, dia mencari calon korbannya melalui Shodan.io, yang merupakan search engine untuk mencari perangkat terhubung internet yang tidak diamankan dengan update terbaru.

Source : Engadget

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest