Follow Us

Hacker Temukan Cara Untuk Mengambil File Yang Dihapus Di iPhone X

David Novan Buana - Selasa, 20 November 2018 | 10:05
iPhone X dari Apple
CNET

iPhone X dari Apple

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Ketika kamu menghapus file dari perangkatmu, bukan berarti file tersebut telah lenyap tanpa sisa karena bisa jadi masih ada residu yang tersisa di sana.

Hal inilah yang dibuktikan oleh dua orang hacker, dengan keberhasilannya dalam mengambil file yang telah dihapus dari smartphone tertentu.

Smartphone yang menjadi korbannya adalah iPhone X, dan keberhasilannya tersebut memberikan kedua hacker tersebut hadiah sebesar $50 ribu.

Baca Juga : iPhone 5G Pertama Bakal Diluncurkan Apple Pada 2020, Teknologi Lebih Stabil

Mengapa malah diberi hadiah? Ternyata keduanya adalah hacker yang ikut serta dalam kontes untuk menemukan kelemahan sistem di dalam iOS dan Android.

Hacker bernama Richard Zhu dan Amat Cama tersebut bahkan memperlihatkan keberhasilannya di dalam demo yang disaksikan oleh juri.

Setelah itu, Apple langsung dikabarkan mengenai adanya kelemahan yang berpotensi fatal tersebut, karena data pribadi yang tidak ingin diketahui atau rahasia perusahaan yang dihapus bisa saja dicuri.

Untuk bisa menggunakan kelemahan tersebut, hacker harus memiliki akses untuk menggunakan iPhone X yang menjadi targetnya.

Tentu saja tidak harus dipegang langsung, melainkan bisa melalui access point Wi-Fi, misalnya di cafe yang memberikan secara gratis sebagai layanannya, dan smartphone tersebut terhubung di sana.

Ternyata ketika kamu menghapus file foto di iPhone X, iOS akan memberitahukan bahwa semua cadangan yang ada di iCloud Photos juga akan terhapus.

Jadi, cadangan dari foto tersebut masih belum terhapus di server cloud, dan baru akan hilang setelah 40 hari berlalu.

Source : The Verge

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest