Teknologi Deep Learning Dell Turut Membantu Pelestarian Karang di Great Barrier Reef

Kamis, 25 Agustus 2022 | 13:30
bagus

Citizens of The Great Barrier Reef bersama dengan Dell menggunakan teknologi Deep Learning untuk mempelajari area karang untuk upaya pelestarian alam

nextren.com - Dell Tehcnologies dan Ciitizens of the Great Barrier Reef Australia, berkolaborasi menyelamatkan karang laut lewat teknologi Deep Learning.

Teknologi Deep learning yang dikembangkan oleh Dell ini diklaim memungkinkan ilmuwan untuk menganalisa foto-foto yang dikumpulkan di area Great Barrier Reef secara lebih cepat dan akurat.

Teknologi Deep Learning dari Dell ini akan digunakan dalam acara Great Reef Census berikutnya.

Mempercepat Proses Penyelamatan Karang

GRC (Great Reef Census) adalah acara tahunan untuk mengumpulkan dan menganalisa data dari Great Barrier Reef oleh para peneliti untuk mendapatkan lokasi yang tepat untuk coral recovery.

Dell akan turut ambil andil dalam upaya penyelamatan karang di Great Barrier Reef dengan memperkenalkan model Deep Learning terbaru yang diklaim mampu menghadirkan berbagai informasi yang lebih baik.

Bagus

Sensus Karang di Great Barrier Reef akan menggunakan teknologi Deep Learning dari Dell

Teknologi Deep Learning ini didukung oleh sistem akselerasi unit grafis atau GPU, komputasi kinerja tinggi (HPC) Dell, untuk melatih model deep learning, dan sistem Dell PowerScale sebagai pusat penyimpanan data.

Sistem ini juga melibatkan Dell PowerEdge yang mendukung klaster pelatihan AI dan mesin-mesin referensi AI.

Dell Edge Solution memiliki teknologi untuk mengumpulkan data dari kapal dan mengupload data berupa foto secara otomatis ke server secara langsung dan real time menggunakan koneksi seluler.

Foto-foto yang dikumpulkan akan dianalisis oleh teknologi deep learning dalam waktu kurang dari satu menit per foto dari sebelumnya yang mencapai 7-8 menit.

Baca Juga: Laptop Sekaligus Tablet Kencang: Dell Hybrid Latitude 9330 dan Precision 7670 - 7770

Sehingga para peneliti atau ilmuwan bisa mengalihkan fokus untuk mendukung upaya pemulihan di area karang yang paling membutuhkan perhatian dalam satu periode tertentu seperti musim ikan bertelur.

Pada sensor karang tahun ini, para relawan akan menggunakan Deep Learning untuk menganalisis sekitar 42 ribu foto yang dikumpulkan dari 315 terumbu karang di sepanjang 2.300KM taman laut terumbu karang di Great Barrier Reef.

Akan Berlanjut di Indonesia

Keterlibatan Dell dalam usaha penyelamatan karang di Great Barrier Reef ini sejalan dengan ambisi Environmental, Social & Governance Dell Technologies untuk menangani perubahan iklim bersama dengan pelanggan, mitra, pemasok, dan komunitas

Dalam proyek Great Reef Census kali ini, Dell berkolaborasi dengan beberapa pihak di Asia Pasifik dan Jepang seperti Citizens of the Great Barrier Reef, peneliti dari Universitas Queensland (UQ) dan Universitas James Cook (JCU),Sahaj Software Solutions dan ilmuwan warga.

Baca Juga: Dell Rilis Pemulihan Siber, Analisis Data dan Ekosistem Mitra untuk Dongkrak Layanan Multi-Cloud

Pendiri Citizens of the Great Barrier Reef, Andy Ridley berharap bisa mengembangkan GRC, yang didukung solusi edge berulang dan bisa disesuaikan dan model deep learning dari Dell, ke wilayah-wilayah karang laut lainnya di dunia. Uji coba pertama di luar Australia akan dimulai di Indonesia.

Bersama Citizens of the Great Barrier Reef, teknologi Dell untuk mendukung penelitian sudah lebih modern sejak Great Reef Census pertama hingga hari ini.

Kehadiran deep learning bisa meningkatkan upaya konservasi untuk mengakses data dengan cepat dan mendukung kesuksesan kolaborasi antara semua pihak yang terlibat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya