Review Dell Alienware M15 R5, Laptop Gaming Kencang Dari Masa Depan

Selasa, 11 Januari 2022 | 19:00
Bagus

Dell Alienware M15 R5

Nextren.com - Kapan terakhir kali konsumen di Indonesia mendengar produk laptop Alienware ?

Ada suatu masa produk laptop gaming dari Dell ini menjadi top of mind konsumen di Indonesia ketika ingin membeli perangkat untuk bermain game berbasis PC.

Kali ini alienware datang dengan laptop gaming yang memiliki desaindari masa depan dan performa kencang dengan nama Alienware M15 R5.

Laptop gaming Alienware M15 R5 adalah laptop gaming terbaru dari Dell yang cukup berbeda dari segi desain dibanding sejumlah laptop gaming di pasaran Indonesia.

Jika dilihat dari spesifikasinya, laptop ini bisa juga diajak sebagai teman kerja WFH atau hybrid berkat ketahanan baterai yang lumayan untuk sebuah laptop gaming.

Tidak hanya desain, Alienware M15 R5 juga menawarkan spesifikasi yang menjanjikan performa tinggi ketika bermain baik game triple A atau eSports.

Unboxing

Dalam kotak pembeliannya, pengguna akan mendapat 1 unit laptop, buku manual, dan charger 240 Watt.

bagus

isi dari kotak Dell Alienware M15 R5

Meskipun besar, charger dari Alienware M15 R5 memiliki desain yang pipih dengan kelebihan mudah diselipkan dalam tas atau koper ketika diajak berjalan-jalan.

Baca Juga: Laptop Terbaru Dell XPS 13 Plus, Standar Premium Baru yang Sederhana

Desain Beda & Berat yang lumayan

Sesuai namanya, Alienware M15 R5 memang memiliki desain seperti kapal alien atau UFO yang pastinya akan menarik perhatian banyak orang ketika dibuka di kafe atau tempat umum lainnya.

Pada bagian belakangnya saja terdapat lampu RGB yang mengelilingi exhaust dan port seperti lampu belakang sport car yang keren menurut impresi sejumlah rekan redaksi.

bagus

Desain belakang Alienware M15 R5

Bagus

Lampu RGB pada bagian belakang Dell Alienware M15 R5

bagus

Keyboard RG DI Dell Alienware M15 R5

Selain pada bagian belakang, lampu RGB ini juga dapat ditemui di logo alien di belakang dan tombol power, serta keyboard yang dapat dibagi dalam4 zona.

Tidak hanya tampilannya yang menarik, alienware m15 R5 ini juga menggunakan material yang terasa premium dan halus namun cukup minim meninggalkan jejak ketika disentuh.

Untuk versi Ryzen, Alienware M15 R5 ini memiliki satu pilihan warna saja yaitu hitam atau yang disebut sebagai "Sisi gelap Bulan" oleh alienware.

Namun dibalik desainnya yang menarik, Alienware M15 R5 memiliki bobot yang cukup lumayan untuk laptop gaming kekinian di kelasnya yaitu sekitar 2.5 KG dengan ketebalan 22.85mm, ditambah charger seberat 780 gram.

Kami beberapa kali membawa laptop beserta charger untuk commuting dengan KRL, yang tentu saja melibatkan aktifitas berdiri yang cukup lama.

Sejujur saja tidak begitu mudah, meskipun terasa lebih ringan dari sejumlah laptop gaming jadul.Baca Juga: Dell Technologies Kenalkan Konsep Berkerja Masa Depan Tanpa Hambatan

Layar & Audio

Sektor layar juga menjadi faktor yang menarik dari Alienware M15 R5 yang memiliki ukuran 15.6 inch QHD dengan respons time hanya 1ms dan refresh rate mencapai 240Hz di unit yang nextren coba.

Sejumlah teknologi seperti ComfortView Plus, Nvidia G-SYNC, dan Advanced Optimus juga tidak absen di laptop ini.

Dengan tingkat akurasi warna 100% DCI-P3, Alienware M15 R5 menawarkan pengalaman visual yang impresif baik untuk bermain game, nonton Netflix, sampai mengedit video untuk konten kreator.

bagus

Layar Dell Alienware M15 R5

Kami sangat menikmati visual dari layar Alienware M15 R5 saat bermain game Assassin's Creed Valhalla, dimana pemandangan tanah Inggris jaman dahulu yang terlihat lebih indah dari laptop ini.

Bahkan untuk melakukan proses produktif seperti mengedit video atau foto sudah sangat mendukung.

Sayangnya untuk sektor speaker, Alienware M15 R5 tergolong tidak spesial meskipun cukup keras untuk pemakaian casual.

Performa & gaming

Allienware M15 R5 ditopang oleh CPU Ryzen 7 5800H dan GPU RTX 3060 6GB, serta dukungan RAM 32GB DDR4 3200MHz dan penyimpanan 1TB NVMe.

Bagus

CPU-Z dari Dell Alienware M15 R5

Baca Juga: Tips Persiapan & Belanja Teknologi Menjelang Akhir Tahun Ala Dell

Soal Benchmark, Alienware M15 R5 menjanjikan performa yang sangat menarik untuk bermain sejumlah game dan kegiatan produktifitas.Selama proses Benchmark ada beberapa temuan yang harus menjadi catatan yaitu suara kipas yang cukup keras, meskipun hal ini terjadisaat melakukan benchmark dan load tinggi.

bagus

Hasil benchmark Cinebench R20 & R15 Dell Alienware M15 R5

bagus

Hasil 3D Mark Dell Alienware M15 R5

bagus

Hasil benchmark Crystal disk Dell Alienware M15 R5

Dengan kombinasi tersebut, pengguna bisa dengan mudahbermain Valorant di 1440p mencapai FPSlebih dari 200 pada settingan low.Lalu pada game GTA V 1440p bisa mencapai 66 sampai 76 FPS pada settingan high.Tidak sampai di sini, Allienware juga kami uji pada game yang lebih berat pada resolusi 1440p seperti assassin's Creed Valhalla yang bisa mencapai 77 FPS rata-rata pada settingan high.

bagus

Hasil benchmark Assassins Creed Valhalla Pada Settingan high 1440p

Lalu pada game Far Cry 6 bisa mencapai rata - rata 78 FPS pada settingan high di resolusi 1440p.

bagus

Hasil benchmark Far Cry 6 di Dell Alienware M15 R5 pada settingan high di resolusi 1440p.

Suhu yang dihasilkan laptop memang tergolong tinggi selama pengetesan yaitu sekitar 90an derajat Celcius di puncak, namun akan kembali stabil di sekitar 80an derajat Celcius di situasi ruangan ber-AC.Panas yang dihasilkan oleh laptop akan terkonsentrasi pada bagian belakang laptop yang tidak terlalu mengganggu pengguna saat sedang menggunakan laptop saat menggunakan gaming, meskipun pada bagian keyboard tetap terasa sedikit hangat.

Hal ini tidak akan menjadi masalah bagi pemain yang menggunakan gamepad atau controller tambahan saat sedang bermain di laptop Dell Alienware M15 R5.Baca Juga: Dell Kenalkan Concept Luna, Laptop Lebih Eco Friendly & Mudah Diservis

Baterai & charger

Dell Alienware Modern 15 R5 dilengkapi dengan baterai berukuran 85Whr yang cukup besar bagi pengguna yang ingin menggunakan laptop ini untuk berkerja.

Saat tidak diisi daya, baterai ini dapat kami pakai berkerja (office, dengar lagu) selama kurang lebih 5 jam.

Performa ini tergolong lumayan untuk sebuah laptop gaming dan cukup cocok untuk menemani pengguna yang ingin berkerja di tempat tidur atau sofa.

bagus

Charger 240W Dell ALienware M15 R5

Pengisian daya 240W yang diberikanmemang memiliki ukuran yang cukup besar sebagai konsekuensi atas performa tinggi yang ditawarkan oleh Alienware M15 R5.

Koneksi

Port yang disediakan Alienware M15 R5 sebenarnya lengkap meskipun jumlahnya tidak banyak.

Di bagian kanan terdapat 2 port USB-A 3.2 gen 1 dankiri terdapat port ethernet 3.5mm serta lubang Jack 3.5mm.

bagus

Port di sisi kanan, kiri, dan belakang Dell Alienware M15 R5

Sebagai laptop gaming, terdapat satu area lagi untuk menempatkan port konektivitas seperti 1 port USB-C 3.2 gen 1 yang mendukung display port, 1 port USB-A 3.2 gen 1, HDMI 2.1 dan lubang charger.

Baca Juga: Spesifikasi Laptop Gaming Dell G15 Series yang Rilis di Indonesia

Fitur Lain, trackpad & keyboard

Alienware M15 R5 memiliki sejumlah fitur untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan laptop serta mengaktifkan fitur-fiturnya.

Yang terpenting tentu saja adalah Alienware control center untuk mengendalikan beberapa fungsi seperti mengatur lampu RGB.

bagus

Tampilan menu Alienware Command Center

Namun ada fungsi lain yang cukup penting seperti indikator performa komponen, profil thermal, power management, dan profil audio bagi yang ingin personalisasi pengalaman audio visual di alienware M15 R5.

Namun untuk fungsi RGB di keyboard, masih bisa dilakukan dengan shortcut FN + F11.

Bicara soal keyboard, Alienware M15 R5 memiliki keyboard yang sangat nyaman saat dipakai mengetik.

bagus

Keyboard RGB 4 Zona Dell Alienware M15 R5

Travel yang pas dan feedback yang empuk, membuat pengalaman mengetik di Dell Alienware M15 R5 ini terasa menyenangkan.

Satu nilai plus lagi dari alienware M15 ini adalah tombol Arrow yang normal dan tombol pengaturan volume di ujung kanan.

bagus

Trackpad Dell Alienware M15 R5

Meskipun touchpad di laptop ini terasa cukup kecil untuk kegiatan produktif atau browsing, namun touchpad ini tetap bisa menjalankan perannya dengan sangat baik saat digunakan sehari-hari.

Baca Juga: Riset Dell Sebut Banyak Perusahaan Indonesia Kesulitan Digitalisasi, Kenapa?

Kesimpulan

Alienware M15 R5 menjadi laptop dengan desain paling berbeda dari sejumlah pesaing di kelasnya yang biasanya sangat simple untuk tidak stand out di tempat publik.

Namun alienware justru memiliki produk laptop yang sangat stand out, berbeda, futuristis, namun tidak norak.

Secara keseluruhan desainnya sleek dan masih bisa dibuat low profile dengan mematikan sejumlah lampu RGB.

bagus

Dell Alienware M15 R5

Terlepas dari suara kipas yang cukup kencang, Alienware M15 R5 sudah sangat cukup dipakai untuk bermain game baik E-sports atau game triple A kekinian dengan dukungan hardware yang mumpuni.

Apalagi layarnya yang menurut kami sangat ideal bagi segala skenario penggunaan mulai dari E-sports , gaming, sampai konten kreator berkat akurasi warna yang tinggi, resolusi dan refresh rate yang tinggi.

Sehingga bagi yang menginginkan laptop gaming berperforma tinggi dengan desain yang unik, Alienware M15 R5 dapat menjadi pilihan yang menarik.

Baca Juga: Dell Rilis Laptop Gaming Alienware m15 R6 dan R5 Ryzen di Indonesia

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya