Tips Persiapan & Belanja Teknologi Menjelang Akhir Tahun Ala Dell

Kamis, 23 Desember 2021 | 17:30
Dok. Dell Technologies

Laptop gaming Dell G15

Nextren.com - Pada akhir 2021 ini, banyak pengguna yang berbelanja produk teknologi terbaru sebagai cara menikmati liburan di penghujung tahun.

Kali ini ada beberapa tips yang bisa diikuti dalam Persiapan & Belanja belanja produk teknologi yang biasanya hanya masuk ke wishlist di e-commerce dari Dell.

Namun tidak ketinggalan, perangkat juga harus diperlakukan dengan baik agar awet dipakai selama berlibur.

Baca Juga: Dell Kenalkan Concept Luna, Laptop Lebih Eco Friendly & Mudah Diservis

Belanja Online Yang Aman

Berbelanja online melalui aplikasi atau situs e-commerce memberikan kenyamanan dalam membeli suatu perangkat teknologi, apalagi di musim liburan seperti ini.

Namun tidak dengan resiko, pengguna perlu mewaspadai serangan siber yang tengah meningkat selama liburan.

Baru-baru ini, FBI dan Divisi Siber Kementerian Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (Homeland Security) memperingatkan para pelaku bisnis dan pembeli akan potensi ancaman besar serangan ransomware di beberapa minggu menjelang masa liburan.

Sehingga faktor keamanan ini harus menjadi faktor yang harus dipertimbangkan oleh para pelaku ecommerce untuk memastikan transaksi yang lancar dan aman.

Lalu apa saja cara untuk mengemankan proses belanja online ?

Yang paling utama, pengguna pastikan berbelanja di situs web yang aman dengan memastikan situs URL (https://) yang dikunjungi, serta selalu gunakan situs dari brand terkemuka yang dikenal dan terpercaya.

Pengguna juga disarankan untuk menghindari Wi-Fi publik saat bertransaksi karena ada resiko software pembaca yang berbahaya dan koneksi yang tidak aman.

Untuk melakukan transaksi, pengguna juga disarankan memiliki akun dengan password yang kuat dengan kombinasi angka, huruf, dan angka.

Akun ini juga disarankan untuk menggunakan auntetikasi mulli-faktor (MFA) sebagai lapisan tambahan perlindungan akun.

Pengguna juga lebih baik tidak mengklik link atau tautan yang mencurigakan.

Baca Juga: Spesifikasi Laptop Gaming Dell G15 Series yang Rilis di Indonesia

Baca Juga: Dell Rilis Laptop Gaming Alienware m15 R6 dan R5 Ryzen di Indonesia

Belanja PC baru, lalu apa yang harus dilakukan?

Setelah membeli perangkat baru, pengguna tentu harus melakukan beberapa hal agar perangkat siap untuk digunakan, terutama memindahkan data dari perangkat lama ke perangkat baru dan memastikan data di perangkat lama sudah dihapus.

Ada beberapa langkah yang harus dilakuka oleh pengguna saat memiliki perangkat baru dan tindakan perangkat lama.

Untuk komputer-komputer Dell, banyak model sudah dilengkapi dengan fitur Dell Data Wipe yang ada di dalam BIOS untuk menghapus data di perangkat lama yang juga hadir di laptop windows lain dengan mengakses BIOS.

Lalu pengguna laptop Dell juga bisa menggunakan Dell Migrate untuk memindahkan file-file dari PC lama ke PC Dell baru Anda, serta bisa menghapus semua data pribadi dari perangkat lama Anda.

Lalu bagaimana dengan perangkat lama yang sudah tidak dipakai lagi ?

Sebenarnya perangkat lama masih bisa diperbarui, digunakan kembali atau didaur ulang.

Baca Juga: Riset Dell Sebut Banyak Perusahaan Indonesia Kesulitan Digitalisasi, Kenapa?

Dell Technologies percaya akan semangat kolaborasi lintas industri untuk keberlanjutan dengan memanfaatkan rantai pasokan global dengan mendaur ulang material-material yang dibutuhkan untuk memproduksi berbagai produk Dell.

Hal ini sejalan dengan tujuan 2030 perusahaan untuk menggunakan kembali atau mendaur ulang produk yang setara untuk setiap produk yang terjual.

Dell juga percaya dengan menjaga sirkulasi atau keberlanjutan hidup berbagai material semaksimal mungkin dan tidak berakhir begitu saja di tempat pembuangan akhir (TPA).

Bagi Dell, hal tersebut merupakan tanggung jawab perusahaan untuk ikut membantu melindungi dan memperkaya sumber daya Bumi semaksimal mungkin.

Tujuan keberlanjutan ini tidak hanya kepentingan satu pihak saja, melainkan semua pemangku kepentingan industri teknologi.

Tips Menghemat Baterai Laptop Dalam Perjalanan

Batasan dari pemakaian sebuah perangkat adalah baterai yang memiliki kapsaitas terbatas.

Selama liburan, pengguna tampaknya perlu memastikan bahwa perangkat yang dipakai memiliki baterai yang cukup dan tahan dipakai selama perjalanan baik dekat ataupun jauh.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan pengguna agar perangkat lebih tahan lama saat dipakai berliburan.

Baca Juga: Dell Resmi Merilis Laptop Gaming Alienware M15 R5, Kembali ke AMD!

Baca Juga: Dell Luncurkan Laptop Gaming Alienware X15, Body Super Tipis!

Pertama pengguna bisa pastikan laptop disimpan ke tempat penyimpanan yang proper seperti tas atau tempat penyimpanan lainnya.

Untuk mengisi daya, pengguna juga pastikan menggunakan adaptor AC bawaan laptop.

Untuk menghemat pemakaian baterai selama dipakai, pengguna bisa mengurangi level cahaya dan jumlah aplikasi yang dibuka secara bersamaan.

Laptop juga sebisa mungkin menghindari suhu ekstrim baik dingian atau panas.

Promosi Akhir Tahun Dell

Di penghujung tahun 2021 ini, Dell juga menawarkan promo menarik bagi konsumen yang tertarik membeli PC Dell.

Baca Juga: Dell Segera Luncurkan Laptop Gaming G15, Simak Spesifikasinya!

Konsumen dapat menikmati promo diskon Rp 400.000 untuk setiap pembelian produk Dell di Blibli.com selama periode program dari bulan Desember 2021 hingga Januari 2022.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya